Breaking News:

Berita Pekalongan

Alat Kreatif Penyembelihan Hewan Kurban, Tak Khawatir Sapi Ngamuk, Segini Harganya

sebuah alat merebahkan sapi dengan aman, efektif, efisien, dan tidak khawatir kalau hewan tersebut ngamuk

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Ruli Muhammad Darwis (40), warga RT 5 RW 3 Dukuh Pegandon Lor, Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah berhasil membuat sebuah alat merebahkan sapi dengan aman, efektif, efisien, dan tidak khawatir kalau hewan tersebut ngamuk pada Idul Adha 1442 H.

"Saya membuat alat ini, awalnya lihat dari Youtube, kemudian saya kembangkan lagi agar lebih sempurna.

Kalau di youtube itu paten tidak bisa berjalan, alat ini saya kasih roda agar bisa berjalan dan dibawa kemana-mana," kata Ruli pembuat alat penyembelihan hewan kurban kepada Tribunjateng.com, Rabu (21/7/2021) sore.

Kemudian, keistimewaan alat ini yaitu tidak memerlukan orang banyak saat memasukkan hewan kurban ke alat tersebut.

Alat yang dijadikan untuk menyembelih hewan kurban di Dukuh Pegandon Lor, Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
Alat yang dijadikan untuk menyembelih hewan kurban di Dukuh Pegandon Lor, Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (dok dari pembuatan alat penyembelihan hewan kurban)

Lalu alat ini juga ada rodanya sehingga bisa dibawa kemana-mana.

"Jadi cara pengoperasian alat ini yaitu sapi dimasukkan ke dalam sebuah alat yang terbuat dari besi. Selanjutnya, petugas memasangkan sabuk di bagian badan dan kaki sapi lalu mengikatnya ke alat tersebut."

"Setelah dirasa aman, engsel alat tersebut dibuka dengan perlahan sapi direbahkan dan disembelih," imbuhnya.

Menurutnya alat tersebut digunakan sangat aman, efektif dan efisien. Sehingga, sangat membantu panitia dan memudahkan dalam proses penyembelihan hewan kurban.

"Semua proses tersebut terbilang cepat. Karena, butuh waktu 3-4 menit berbeda dengan proses pemotongan hewan kurban pada umumnya yang membutuhkan waktu lama. Apalagi ketika hewan kurban mengamuk," ujarnya.

Pembuatan alat ini membutuhkan waktu selama 1 bulan dan untuk biayanya Rp 12 juta.

Alat penyembelihan hewan kurban efektif, efisien, dan tidak khawatir kalau hewan tersebut ngamuk
Alat penyembelihan hewan kurban efektif, efisien, dan tidak khawatir kalau hewan tersebut ngamuk (TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved