Breaking News:

Berita Karanganyar

Ibu Hamil di Karanganyar Bakal Jadi Sasaran Vaksin

Ibu hamil di Kabupaten Karanganyar yang termasuk dalam kelompok rentan terpapar Covid-19 selain lansia bakal menjadi sasaran vaksin

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ibu hamil di Kabupaten Karanganyar yang termasuk dalam kelompok rentan terpapar Covid-19 selain lansia bakal menjadi sasaran vaksin

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar saat ini sedang melakukan pendataan melalui petugas puskesmas di masing-masing kecamatan. Data tersebut paling lambat akan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi besok. Rencananya vaksinasi bagi ibu hamil dilakukan pada Agustus 2021.

Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, ibu hamil yang menjadi sasaran vaksin ialah ibu hamil dengan usia kehamilan 14 hingga 33 minggu per 31 Agustus 2021. 

"Ini baru disuruh mendata dulu. Besok paling lambat dikirim ke provinsi. Vaksin yang digunakan nanti rencananya kalau tidak menggunakan vaksin moderna/pfizer," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (21/7/2021). 

Dia menjelaskan, pemberian vaksin kepada ibu hamil dengan usia kehamilan 14 -33 minggu tersebut telah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, POGI dan ITAGI sebagai upaya menurunkan resiko penularan Covid-19. 

Lebih lanjut, pemberian vaksin kepada ibu hamil dengan usia kehamilan 0-3 bulan belum bisa karena biasanya mengalami gejala mual dan muntah. Sedangkan apabila usia kehamilan di atas 3 bulan kondisi janin sudah kuat. 

Adapun pemberian vaksin kepada ibu hamil karena ada kasus ibu hamil yang terpapar positif Covid-19 dan meninggal dunia. Jarak pemberian antara vaksin dosis pertama dan kedua sekitar 1 bulan. 

"Ibu hamil punya resiko tinggi. Mungkin saat awal normal tapi bisa saja nanti saat persalinan menurun (kondisi kesehatan). Sehingga dipersiapkan kondisi imunnya, supaya kebal. Seandainya terpapar jangan sampai muncul gejala berat," ungkapnya. 

Purwati mengatakan, kemungkinan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di puskesmas setempat karena lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal yang bersangkutan.

Di sisi lain, saat pelaksanaan vaksinasi kepada ibu hamil tentu akan dilakukan skrining terlebih dahulu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved