Breaking News:

Berita Solo

Rumah Pemotongan Hewan Solo Temukan Cacing dalam Hati Sapi 

RPH Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo menemukan 2 sapi positif miliki cacing hati. 

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Pemotongan sapi yang dilakukan oleh Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo temukan cacing hati, Rabu (21/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo menemukan 2 dari 33 sapi positif memiliki cacing hati, Rabu (21/7/2021). 

"Saat hidup sapi-sapi terlihat sehat. Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada organ dalam, 2 sapi kurban memiliki cacing hati," ucap Medik Veteriner UPT RPH Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo, Ardiet Firmansyah. 

Menurut Ardiet, organ hati yang diketahui terdapat cacing tidak layak dikonsumsi. Karena ada kumulasi cacing di dalamnya otomatis organ tersebut sudah rusak dan terlihat menjijikkan. 

Dia menyampaikan, kasus ditemukan cacing hati pada ternak sering terjadi pada saat penyembelihan hewan kurban

Alasannya, lanjut dia, karena masyarakat membeli sapi langsung dari peternak mandiri. 

"Terkadang para peternak ini kurang memperhatikan pakan. Cacing hati ini kan munculnya dari pakan hijauannya," jelasnya. 

"Waktu saat mencari pakan hijau kurang pas, cacing bisa ikut termakan oleh ternak. Akhirnya muncul cacing hati," ungkapnya. 

Menurutnya, ketika masih pagi sekitar pukul 08.00 WIB, cacing masih berada bagian atas rumput. 

Peternak seharusnya mencari rumput di atas jam 09.00 WIB karena pada waktu itu cacing sudah kembali turun ke tanah. 

"Untuk mengetahui keberadaan cacing hati, hati harus dibelah. Indikasinya warna hati lebih pucat kemudian ada benjolan dan itu harus kita sayat," ungkapnya. 

Nanti di hati itu kelihatan ada loronglorongnya. Kemudian ditekan cacingnya baru keluar. 

Ardiet menambahkan, beberapa hewan yang disembelih terkadang ada bekas rumah cacing, tetapi cacingnya sudah tidak ada. Karena mungkin sudah diobati. "Kalau ini masih layak konsumsi," ucapnya. 

Selama masa pemotongan hewan kurban yakni pada 21-23 Juli 2021, pihak RPH membatasi jumlah layanan. Setiap hari hanya akan ada sekitar 30 sapi untuk disembelih. 

"Sebenarnya kita batasi hanya sampai 25 sapi, tapi karena permintaan masyarakat kita coba tambah koutanya. Hari ini ada 33 sapi, besok 31 sapi, lusa baru 7," tandasnya. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved