Breaking News:

Penanganan Corona

Bantu Sesama, Warga Karanganyar Bikin Paguyuban Donor Plasma

Warga Kabupaten Karanganyar membuat paguyuban donor plasma konvalesen untuk membantu warga yang membutuhkan

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
Paguyuban Donor Plasma Konvalesen Galaxy.
Relawan menjalani donor plasma konvalesen di PMI Solo. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Warga Kabupaten Karanganyar membuat paguyuban donor plasma konvalesen untuk membantu warga yang membutuhkan. Paguyuban itu diberi nama Paguyuban Donor Plasma Konvalesen Galaxy.

Wakil Ketua Paguyuban, Eko Budi Raharjo (43) menyampaikan, ide membuat paguyuban ini bermula dari adanya warga sekitar Tegalasri Kelurahan Bejen Kecamatan Karanganyar yang terpapar Covid-19 dan membutuhkan plasma konvalesen.

"Awalnya ada warga terpapar, kemudian minta tolong dicarikan konvalesen. Cairnya susah banget, saya datang ke puskesmas cari juga ternyata susah. Kemudian teman-teman di Tegalasri rembukan, coba buat komunitas menggandeng teman-teman (penyitas). Kemudian dbentuk relawan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (28/7/2021). 

Dia menceritakan, komunitas ini baru berjalan sekitar 2 minggu hingga 3 minggu. Adapun relawan yang tergabung baru ada sekitar 20-an orang berasal dari warga Karanganyar Kota dan sekitarnya. 

Lebih lanjut, permintaan akan plasma konvalesen dari masyarakat memang tinggi. Sehingga pihaknya belum bisa memenuhi kebutuhan karena jumlah relawan terbatas. Di sisi lain, ketika ada relawan hendak mendonorkan plasma juga harus melalui proses skrining dulu untuk menentukan apakah memenuhi syarat atau tidak.

"Donornya di PMI Solo. Ketika ada yang membutuhkan, kita cocokan dengan relawan kita. Kalau cocok, relawan kita antar ke PMI. Jadi janjian dengan yang membutuhkan di PMI. Kita juga selektif dicarikan yang masih muda dan tidak memiliki komorbid," ucapnya. 

Hingga saat ini pihaknya baru tiga kali mendonorkan plasma konvalesen. Sementara ini paguyuban donor plasma itu hanya memenuhi kebutuhan donor plasma bagi warga di sekitar Kabupaten Karanganyar

Eko menjelaskan, kegiatan ini juga disupport penuh oleh PMI Karanganyar. Sehingga ketika membutuhkan penjemputan relawan yang hendak donor plasma, pihak PMI Karanganyar siap mengantar dan mendampingi ke tempat donor. 

Selain itu apabila ada yang membutuhkan donor plasma konvalesen tapi kebetulan tidak ada yang cocok atau tidak ada, lanjut Eko, pihaknya juga memiliki relasi relawan di kabupaten sekitar seperti Kabupaten Sukoharjo. 

Dia mengungkapkan, kendala yang dialami selama ini ialah rekrutmen relawan karena cukup susah. Mengingat pihaknya harus mengedukasi kepada penyitas.

"Alasan kebanyakan takur, ada juga yang belum siap," ungkapnya. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan donor plasma konvalesen ataupun bergabung sebagai sukarelawan dapat menghubungi nomor admin untuk golongan darah A dapat menghubungi 081226061133, golongan darah B 0895397760707, golongan darah AB 08112569593 dan golongan darah 0 082140038071. 

Sementara itu, Dirut RSUD Karanganyar, Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya juga membuat komunitas dari penyitas Covid-19 yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Karanganyar

Dia mencontohkan, semisal dari bangsal anggrek dibuat grup aplikasi pesan singkat. Grup tersebut dikoordinir langsung oleh para penyitas. Sehingga apabila ada yang membutuhkan, pihak RSUD Karanganyar lantas berkoordinasi atau meneruskannya ke grup tersebut. 

"Kebetulan adik saya kemarin saya pondokan di sini, hamil enam bulan kena Covid-19 perlu plasma. Itu luar biasa, yang sudah penyitas, antusias membantu sesama luar biasa," terangnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved