Breaking News:

Berita Kendal

Dico Realisasikan Perpustakaan Daerah di Kendal, Pekerjaan Proyek Akan Rampung Desember 2021

Di momen hari jadi ke-416, Pemerintah Kabupaten Kendal merealisasikan pembangunan perpustakaan daerah yang menelan anggaran Rp 10 miliar.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama jajaran Forkopimda mengecek pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Rabu (28/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Di momen hari jadi ke-416, Pemerintah Kabupaten Kendal merealisasikan pembangunan perpustakaan daerah yang menelan anggaran Rp 10 miliar.

Dana tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang bakal dioptimalkan menjadi gedung perpustakaan mewah berkonsep the light library di atas lahan seluas 4.606 meter persegi di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, gedung dengan konsep ikonik itu rencananya selesai pada Desember.

Nantinya, Kabupaten Kendal memiliki perpustakaan daerah dua lantai dengan tipe bangunan terbuka.

Baca juga: Pengantin Pekalongan Akad Nikah Dalam Bus Pariwisata, Jadi Kenangan Unik

Baca juga: Hasil Angkat Besi Olimpiade 2021, Rahmat Erwin Abdullah Raih Medali Ikuti Eko Yuli dan Windy Cantika

Baca juga: Selokan Kedungmundu Semarang Selalu Meluber Pas Musim Hujan

Baca juga: Inilah Sosok Korik Pemuda Nikahi 2 Wanita: Culik Teman Facebook, Mantan Pacar Datang Minta Dinikahi

Selain menyediakan ruang baca umum, perpustakaan milik masyarakat Kendal ini juga menyuguhkan ruang baca digital, ruang diskusi, khusus lansia, podcast, ruang audio visual, perpustakaan disabilitas, referensi pustakawan, dan juga sarana umum seperti musala dan toilet.

Kata Dico, Pemerintah Kabupaten Kendal siap menggelontorkan dana untuk mendukung pembangunan penunjang agar menyuguhkan konsep yang nyaman. 

Ia berharap,  adanya gedung baru dengan fasilitas yang lebih lengkap, nantinya bisa menjadi daya tarik masyarakat Kendal untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Sehingga, kualitas dan pengetahuan sumber daya manusia di Kabupaten Kendal akan meningkat seiring perkembangan zaman. 

"Kita konsep gedung perpustakaan yang layak dan nyaman. Era sekarang, semua desain pembangunan di Kendal dibangun konsep iconik. Semua dilakukan dengan inovasi, dan kita terus lakukan percepatan pembangunan agar bisa terserap dengan baik," terang Dico, Rabu (28/7/2021).

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kendal, Ircham Chalid mengatakan, segala bentuk kebutuhan sudah dipersiapakan dengan baik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved