Breaking News:

Kisah Inspiratif

KISAH INSPIRATIF : Melihat Lebih Dekat Pria Pekalongan Hidupi Keluarga dari Bibit Anggur

Memanfaatkan lahan yang ada, Adly Natha (44) warga RT 4 RW 8, perum GSM, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan

TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Adly Natha (44) pembudidaya bibit anggur saat merapikan buah anggur di kebun rooftopnya 

TRIBUNJATENG.COM -- Memanfaatkan lahan yang ada, Adly Natha (44) warga RT 4 RW 8, perum GSM, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, melakukan budidaya anggur di rooftop atau area atas rumah. Pria ini melakukan budidaya anggur sejak pandemi Covid-19.

"Saya mulai melakukan budidaya buah anggur ini sejak tahun 2019. Tapi sebenarnya saya penghobi buah anggur ini sudah 8 tahun.

Awalnya saya mengupload video panen buah anggur di channel Youtube saya. Dari itu, banyak yang komen dan tanya cara menanamnya.

Akhirnya saya mulai menggeluti budidaya bibit anggur ini tahun 2019," kata Adly Natha (44) kepada Tribunjateng.com, Senin (2/8) siang.

Adly menceritakan sebelum menjadi pembudidaya anggur, ia bekerja di dunia IT. Hingga saat ini, ada sekitar 80 jenis bibit anggur dari berbagai dunia yang dibudidayakan.

"Ada 80 jenis anggur yang saya kembangkan di antaranya anggur dari China, Japan, Ukraina, France, India.

Lalu untuk jenisnya ada anggur jupiter, ninel, baikonur, akademik avidza, trans, Gozv, sharada, dan lain sebagainya," teranangy.

Kemudian, karena banyaknya peminat, buah anggur jadi mahal harganya. Oleh karena itu, banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan anggur karena peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Saat Tribunjateng.com berkunjung ke rumahnya tampak banyak pohon anggur merambat ditata rapi di atas atap rumah dan keliling pagarnya.

Di lokasi itu juga tersapat stik batang anggur yang dipotong-potong untuk pembibitan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved