Breaking News:

Berita Karanganyar

Putus Mata Rantai Covid-19 dari Kontak Erat, Gedung Wanita Karangayar Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Kalakhar BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto menyampaikan, gedung ini dapat menampung sebanyak 150 orang

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Pekerja melakukan perbaikan di Gedung Wanita yang bakal dijadikan sebagai tempat isolasi terpusat, Selasa (3/8/2021) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyiapkan Gedung Wanita sebagai tempat isolasi terpusat pasien positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari kluster kontak erat keluarga.

Dari pantauan di lokasi, terlihat para pekerja sedang sibuk membersihkan area dalam gedung dan sebagian pekerja melakukan penataan di luar gedung. Di luar gedung juga sudah didirikan tenda milik BPBD Karanganyar. Kasur yang nantinya digunakan warga isoman juga sudah disediakan.

Kalakhar BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto menyampaikan, gedung ini dapat menampung sebanyak 150 orang.

Selain Gedung Wanita, Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat ini juga masih melakukan tinjauan ke dua lokasi sebagai tempat isolasi terpusat yang berada di Kecamatan Jaten dan Colomadu.

"Dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi memang ketersediaan isolasi terpusat harus ditindaklanjuti segera untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tingkat isolasi mandiri karena potensi terbesar penyebaran," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (3/8/2021).

Sebelumnya Pemkab Karanganyar juga telah menyediakan tempat isolasi terpusat di BLK Karangpandan. Berdasarkan informasi yang dihimpun tercatat ada 47 orang yang kini menjalani isolasi mandiri di tempat tersebut.

Sundoro menjelaskan, apabila warga terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG dari satu kabupaten ditempatkan di BLK Karangpandan tentu lokasinya tidak mampu menampung.

Sehingga Pemkab Karanganyar menyediakan tempat isolasi terpusat di beberapa titik seperti di Gedung Wanita, Kecamatan Jaten dan Kecamatan Colomadu.

"Wacana dan saat ini dikerjakan di Gedung Wanita, kapasitas 150 orang. Saat ini Bupati juga meninjau lokasi lain di Jaten dan Colomadu," ungkapnya.

Seperti halnya di BLK Karangpandan, warga yang menjalani isolasi mandiri di Gedung Wanita merupakan warga terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus OTG dan mengalami kendala terkait tempat isolasi mandiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved