Breaking News:

Berita Karanganyar

BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar Minta Perusahaan Segera Lengkapi Data Guna Penyaluran BSU

Apabila tenaga kerja dinyatakan memenuhi syarat sebagai penerima BSU, bantuan senilai Rp 1 juta akan disalurkan langsung melalui rekening pekerja

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar melakukan supervisi di perusahaan garmen di wilayah Kecamatan Jaten. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar meminta kepada perusahaan supaya segera melengkapi data yang nantinya akan digunakan untuk penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar, Gunadi Hery Urando menyampaikan, pihaknya telah meminta perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Karanganyar supaya segera melengkapi data seluruh tenaga kerja seperti nomor telepon, alamat email, NIK dan nomor rekening.

"Kita minta kepada perusahaan supaya secepatnya. Kalau sudah lengkap, kita kirimkan (data) ke Kementerian Ketenagakerjaan. Nanti kementerian yang membukakan rekening bank, yang belum memiliki rekening bank Himbara akan dibukakan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (4/8/2021). 

Apabila tenaga kerja dinyatakan memenuhi syarat sebagai penerima BSU, bantuan total senilai Rp 1 juta akan disalurkan langsung melalui rekening milik pekerja. 

Dia menuturkan, ada beberapa persyaratan bagi pekerja yang dinyatakan berhak menerima BSU. Di antaranya, pekerja berada di zona PPKM level 3 dan 4, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021, gaji maksimal Rp 3,5 juta, dan termasuk dalam tenaga kerja perusahaan di sektor yang terdampak adanya PPKM. 

Adapun tenaga kerja yang diprioritaskan menerima BSU merupakan tenaga kerja yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa kecuali kesehatan dan pendidikan, properti dan real estate, transportasi dan aneka industri. 

"Kalau penyaluran BSU masih menunggu informasi dari pusat," ucapnya. 

Jumlah kepesertaan BPJS di Kantor Cabang BPJS Karanganyar tercatat ada 58 ribu tenaga kerja hingga Juni 2021. Gunadi mengungkapkan, jumlah tersebut masih akan disaring mengingat anggaran yang disediakan oleh pemerintah pusat terkait BSU kali ini memang terbatas. 

"Anggaran pemerintah pusat saat ini untuk BSU kan terbatas, berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini Rp 8 triliun (se-Indonesia). Sehingga dibatasi yang di PPKM level 3 dan 4, gaji maksimal Rp 3,5 juta dan hanya sektor tertentu," ungkapnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved