Breaking News:

Berita Semarang

Musim Kemarau, BPBD Minta Petugas Pos di Gunung Merbabu Perketat Pintu Masuk

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang meminta petugas pos jaga di Gunung Merbabu memperketat pintu-pintu masuk

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: muslimah
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang meminta petugas pos jaga di Gunung Merbabu memperketat pintu-pintu masuk.

Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan pihaknya telah membuat edaran khusus mengenai langkah mitigasi bencana kebakaran pada musim kemarau.

"Lalu, untuk wilayah hutan khususnya lokasi pendakian seperti Gunung Merbabu saya sudah minta petugas pos jaga memperketat pintu masuk. Pengunjung diperiksa kalau bisa tidak membawa korek dan rokok," terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (4/8/2021)

Menurut Heru, terkait masalah pencegahan kebakaran hutan ini perlu disosialisasikan dan petugas pos jaga harus benar-benar memperketat.

Ia menambahkan, untuk kebakaran rumah hunian warga masyarakat agar melakukan pengecekan instalasi kabel rumah secara rutin.

"Kemudian, apabila pergi keluar jangan lupa matikan kompor atau tungku api. Karena musim kemarau juga identik hembusan angin lebih kencang sehingga rawan," katanya

Heru menyatakan, bagi masyarakat yang mengalami kekeringan air bersih BPBD telah menyiapkan bantuan 150 tangki air. Untuk sementara, daerah terjadi kekeringan di Kabupaten Semarang jumlahnya berkurang dari tahun ke tahun.

Dia mengimbau, memasuki musim kemarau masyarakat agar mulai menghemat penggunaan air dan mengantisipasi penyebab kebakaran.

"Kalau rumah ini rata-rata konsleting listrik, itu yang perlu diperhatikan. Kecamatan Bringin tadi ada laporan minta bantuan air, ada dua Desa Gogodalem dan Nyemoh," ujarnya (ris)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved