Breaking News:

Berita Karanganyar

Pendakian Gunung Lawu Karanganyar Saat 1 Suro, Dinas Belum Bisa Memastikan Sudah Buka Apa Belum

Nardi menuturkan, ada sekitar 200-an pendaki yang biasanya melakukan pendakian bertepatan dengan 1 Suro

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar belum bisa memastikan apakah jalur pendakian Gunung Lawu sudah beroperasi kembali bertepatan dengan 1 Suro apa belum.

Seperti diketahui bersama pemerintah pusat telah memutuskan kembali memperpanjang PPKM level 4  hingga 9 Agustus 2021.

Dengan adanya kebijakan tersebut, destinasi wisata termasuk jalur pendakian Gunung Lawu Karanganyar belum diperbolehkan beroperasi.

Koordinator Bidang Destinasi Disparpora Karanganyar, Sunardi menyampaikan, biasanya banyak pendaki terutama pendaki ritual melakukan pendakian ke Gunung Lawu bertepatan dengan 1 Suro.

"Belum ada instruksi mau bukan kapan, masih tutup. Makanya itu yang susah, Suro itu, banyak yang tanya khususnya yang mau ziarah ke Hargo Dalem. Pendaki ritual," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (6/8/2021).

Lantaran belum ada informasi apakah PPKM level 4 akan diperpanjang lagi atau tidak, lanjut Nardi, belum bisa memberikan keterangan kepada para pendaki terkait operasional jalur pendakian Gunung Lawu sudah bertepatan dengan 1 Suro.

Adapun Kabupaten Karanganyar memiliki tiga jalur pendakian Gunung Lawu, yakni jalur Candi Cetho, Cemoro Kandang dan Tambak. Akan tetapi biasanya kebanyakan para pendaki ritual melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang.

"Ya belum berani, sudah buka apa belum (setelah 9 Agustus 2021)," ucapnya.

Nardi menuturkan, ada sekitar 200-an pendaki yang biasanya melakukan pendakian bertepatan dengan 1 Suro.

Berkaca momen 1 Suro pada tahun sebelumnya, meski jalur pendakian ditutup masih ada pendaki ritual yang melakukan pendakian.

"Yang nyolong-nyolong itu biasanya lewat jalur tikus. Tahun lalu ada. Tidak laporan, tidak registrasi. Tahu-tahu sudah beberapa hari di atas," ungkapnya.

Dia menegaskan, petugas basecamp tidak melayani registrasi pendakian ke Gunung Lawu selama masih belum diperbolehkan beroperasi kembali. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved