Breaking News:

Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

PBI UHB Purwokerto Ajak Pelajar Berpikir Kritis melalui Workshop Debat Bahasa Inggris

Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa kembali mengadakan workshop.

Editor: abduh imanulhaq
UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FIS Universitas Harapan Bangsa (UHB) mengadakan virtual workshop tentang debat Bahasa Inggris 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto mengadakan workshop setelah sukses menggelar lomba English Education Competition 2021 bertajuk Reviving the Creativity of Covid-19 Generation pada 29 Juli 2021.

Acara ini bentuk kepedulian UHB terhadap pendidikan di Indonesia dengan dilangsungkannya sebuah virtual workshop tentang debat Bahasa Inggris bertema World School Debate System in a Nutshell.

Kegiatan ini bertujuan melatih kemampuan debating para siswa mengingat debat salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pelajar SMA.

Terlebih dengan menerapkan metode debat dalam pembelajaran dapat melatih kemampuan siswa dalam berpikir kritis.

Kemampuan berpikir kritis logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif atau dikenal juga dengan istilah Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan karakter dari kompetensi abad 21 yang sangat dibutuhkan di era globalisasi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mempersiapkan para siswa mengikuti lomba debat nasional tingkat pelajar SMA yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) yang akan diselenggarakan pada 11-17 Oktober 2021.

Lebih dari 400 pelajar SMA dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan virtual workshop ini melalui Zoom Meeting dan Official YouTube Channel Universitas Harapan Bangsa.

Pembicara yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang debating dihadirkan dalam workshop ini.

Mereka adalah Sandy Ferianda, S.Pd., M.Hum dari Universitas Bangka Belitung sebagai Keynote Speaker serta Benny Krisbiantoro, M. Pd dari Universitas Harapan Bangsa dan Barlian Kristanto, S.Pd., M.Hum. sebagai pembicara.

Kemudian para peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diundang ke breakout rooms zoom untuk mendapatkan pendampingan intensif terkait teknik-teknik membangun argumen yang bagus.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari mahasiswa Universitas Harapan Bangsa dan interactive quiz persembahan dari Kantor Urusan Internasional dan Pemasaran (KUIP) Universitas Harapan Bangsa.

Acara berjalan dengan lancar dan meriah.

Berdasarkan feedback dari para peserta, 91% menyatakan puas terhadap event ini dan berharap akan ada acara menarik selanjutnya.

Universitas Harapan Bangsa akan terus berkomitmen untuk memajukan Pendidikan di Indonesia, dalam hal ini khususnya pada bidang Bahasa Inggris dengan bekerja sama dengan para praktisi Bahasa Inggris dan pihak-pihak terkait agar bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved