Breaking News:

Berita Karanganyar

Bupati Karanganyar Imbau Warga Tidak Gelar Tirakatan Malam 17 Agustus

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengimbau kepada warga supaya tidak menggelar tirakatan dan kegiatan yang mengumpulkan orang

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengimbau kepada warga supaya tidak menggelar tirakatan dan kegiatan yang mengumpulkan orang berkaitan dengan momen HUT ke-76 Republik Indonesia.

Yuli sapaan akrabnya menyampaikan, masyarakat tidak dianjurkan menggelar tirakatan mengingat saat ini masih berlangsung PPKM Level 4. Adapun prosesi rangkaian HUT ke-76 RI hanya digelar di tingkat kabupaten secara terbatas.

"Kalau tirakatan di masyarakat tidak dianjurkan. Prosesi rangkaian HUT Kemerdekaan tetap berlangsung di Gedung DPRD secara terbatas," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (16/8/2021).

Dia mengimbau supaya masyarakat tidak menggelar tirakatan untuk mengantisipasi adanya kerumunan. Begitu juga kegiatan lain seperti perayaan dan lomba-lomba.

"Sementara tirakatan malam 17-an ditiadakan. Kegiatan rangkaian apapun, perayaan menimbulkan kerumunan, lomba tidak boleh," ucapnya.

Sementara itu, para relawan biasanya menggelar upacara di sekitar Puncak Gunung Lawu bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan RI. Mengingat saat ini masih diberlakukan PPKM Level 4 dan jalur pendakian masih ditutup dan upacara di pucak gunung ditiadakan.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Disparpora Karanganyar, Sunardi menyampaikan, para pendaki yang hendak merayakan HUT Kemerdekaan di Puncak Gunung Lawu biasanya melakukan pendakian hari ini apabila jalur pendakian dibuka. Baik itu melakukan pendakian melalui jalur Candi Cetho atau Cemoro Kandang.

"Ini di Cetho sepi, masih ditutup (jalur pendakian Gunung Lawu). Biasanya naiknya hari ini untuk upacara besok di puncak. Biasanya upacara digelar di Telaga Kuning. Biasanya itu relawan dari AGL, Reco dan PGL," ungkapnya. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved