Breaking News:

Berita Karanganyar

Detik-detik Proklamasi, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di JPO Pasar Tawangmangu

Bendera merah putih berukuran 9 meter x 12 meter dibentangkan di JPO Pasar Wisata dan Terminal Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
dokumentasi Relawan Mantap (Masyarakat Tawangmangu Peduli).
Upacara peringatan ke-76 detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di jalan depan Pasar Wisata dan Terminal Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Selasa (17/8/2021) sekira pukul 10.17. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bendera merah putih berukuran 9 meter x 12 meter dibentangkan di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Pasar Wisata dan Terminal Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Selasa (17/8/2021) sekira pukul 10.17. 

Bendera tersebut dibentangkan bertepatan dengan upacara peringatan ke-76 detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Saat bersamaan, juga dibunyikan sirine ambulance. Para peserta lantas memberikan penghormatan kepada sang saka merah putih. 

Dalam memperingati detik-detik proklamasi itu turut serta driver ambulance se-Tawangmangu, instansi pemerintah, relawan se-Tawangmangu, sopir angkutan, pedagang pasar, tukang ojek, warga yang melintas serta pengunjung pasar.

Wakil Ketua TRC Mantap (Masyarakat Tawangmangu Peduli) atau Relawan Mantap, Lilik Joko Suratmo menyampaikan, pengibaran bendera berukuran 9 meter x 12 meter sudah tiga kali dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. 

"Awalnya di bekas tower. Karena sudah tidak memadai dan saat ini situasi (pandemi) tidak ada upacara. Kita inisiatif untuk dibentangkan di JPO Terminal-Pasar Tawangmangu," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com. 

Pihak relawan telah meminta izin kepada Forkopimcam, pengelola pasar dan pengelola terminal sebelum menggelar acara tersebut. Mengingat saat ini masih situasi pandemi, peringatan detik-detik proklamasi dilangsungkan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita diperbolehkan menutup jalan (bawah JPO) dari kepolisian dan upacara terbatas," ucapnya. 

Dia menuturkan, arus lalu lintas dialihkan sementara saat berlangsungnya acara peringatan detik-detik proklamasi. Mobil ambulance diparkirkan di sisi timur dan barat JPO Terminal-Pasar Tawangmangu. 

Kendaraan dari arah barat menuju ke timur dialihkan menuju ke parkiran Pasar Wisata Tawangmangu. Sedangkan kendaraan dari arah timur menuju ke barat dialihkan menuju ke Terminal Tawangmangu. 

"Di bawah JPO kita tempatkan 10 ambulance. Ada yang menghadap ke timur dan barat. mendekati detik-detik proklamasi menghidupkan sirine bersama-sama dan bendera diturunkan pelan-pelan," ungkapnya. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved