Breaking News:

Berita Nasional

Inilah Kehebatan Satbravo-90 Paskhas Pasukan Elite TNI AU, Terlibat Evakuasi WNI dari Afghanistan

Inilah pasukan elite TNI AU, Satbravo-90 Paskhas, yang berhasil mengevakuasi WNI dari Afghanistan. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia telah e

Editor: m nur huda
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Kedatangan WNI yang dievakuasi dari Afghanistan ke tanah air, di Base Ops, Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu dini hari (21/8/2021). Sebanyak 33 orang berhasil dievakuasi menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU, pasca situasi yang semakin mencekam akibat jatuhnya kota Kabul, ibukota Afghanistan ke tangan kelompok Taliban. Adapun 26 WNI tersebut terdiri dari 16 staf KBRI dan 10 non staf KBRI, sementara 7 warga negara non WNI yang turut dibantu pemerintah Indonesia untuk keluar dari negara tersebut terdiri dari 5 warga negara Philipina dan 2 warga negara Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI). 

TRIBUNJATENG.COM - Inilah pasukan elite TNI AU, Satbravo-90 Paskhas, yang berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia telah evakuasi WNI dri Afghanistan menyusul situasi yang tak menentu di negara tersebut.

Evakuasi WNI dari Afghanistan tak lepas dari peran pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU), Satbravo-90 Paskhas.

Satbravo-90 Paskhas adalah satuan antiteror milik Paskhas TNI AU.

Dalam operasi kemanusian itu, Satbravo-90 Paskhas mengerahkan enam prajurit yang juga dibantu oleh beberapa prajurit TNI yang menjadi awak pesawat, anggota Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kementerian Luar Negeri.

Keenam prajurit elite TNI AU tesebut yaitu Kapten Pas Galih Pinto Nugroho, Serda Trenggono, Serda Yudi Aji Widagdo, Kopda Umar Haris, Praka Aidil Artawijaya, dan Praka Ilham Dwi Laksana.

Satbravo-90 Paskhas TNI AU
Satbravo-90 Paskhas TNI AU (Via Facebook Info militer Indonesia)

Lantas, seperti apa kehebatan prajurit-prajurit dari kesatuan pasukan elite TNI AU tersebut?

Pasukan Paskhas adalah pasukan elite dari TNI AU.

Bahkan, Paskhas TNI AU memegang predikat pasukan khusus Angkatan Udara satu-satunya dan berkuliafikasi terlengkap di dunia.

Dikutip dari buku "All In One Tes Masuk TNI Polri 2015" karangan Tim Edukasi Indonesia, Paskhas TNI AU memilliki berbagai kemampuan tempur khas matra udara.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved