Breaking News:

Pendidikan

Mahasiswa di Jawa Tengah Mulai Kuliah Tatap Muka: Ada yang Pilih Daring

Di UPGRIS perkuliahan menggunakan metode blended learning, separuh mahasiswa belajar langsung dengan datang ke kampus dan sisanya tetap belajar daring

istimewa
Dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan perkuliahan secara tatap muka atau langsung pada hari pertama di Fakultas Hukum UPGRIS. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Pembelajaran tatap muka atau luring di perguruan tinggi resmi dilaksanakan di beberapa universitas, Senin (6/9/2021).

Di Jawa Tengah, universitas yang sudah melaksanakan perkuliahan tatap muka antara lain Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo dan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Di UPGRIS perkuliahan menggunakan metode blended learning, separuh mahasiswa belajar langsung dengan datang ke kampus dan sisanya tetap belajar daring atau online.

Meskipun demikian, pelaksanaan kuliah tatap muka tetap mengutamakan prinsip bersyarat dan bertahap.

Artinya, ada pembatasan jam kuliah serta ruang kelas hanya diisi maksimal 50 persen dari kapasitas normal.

Setiap mahasiswa yang mengikuti kuliah tatap muka wajib mengikuti tahapan prosedur protokol kesehatan, meliputi cuci tangan dan pengecekan suhu.

Puluhan mahasiswa Fakultas Hukum UPGRIS yang mengikuti kuliah tatap muka perdana duduk dengan jarak 1,5 meter dengan yang lain untuk mengikuti protokol kesehatan.

Tampak sejumlah tempat duduk kosong. Di depan meja dosen terdapat tripod atau penyangga kamera kecil untuk pembelajaran daring.

Sesekali dosen bertanya kepada mahasiswa baik yang hadir secara langsung di kelas juga dan kepada mahasiswa yang hadir tatap maya atau daring.

"Memang di hari pertama ini belum semua dosen terbiasa merakit fasilitas yang kami sediakan untuk learning management system dengan sistem blended (daring dan luring). Ada peralatan tripod dan kamera. Sehingga mahasiswa yang mengikuti pembelajaran baik dari kelas atau rumah tetap terlayani dengan baik," kata Wakil Rektor I UPGRIS, Dr Sri Suciati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved