Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Mulai Gagas Pembangunan Rumah Sakit Tipe D

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai menggagas untuk mendirikan rumah sakit tipe D.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: galih permadi
agus iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai menggagas untuk mendirikan rumah sakit tipe D.

Ada beberapa lokasi yang diusulkan menjadi rumah sakit tipe D seperti di bekas gedung SMP wilayah Kecamatan Kerjo yang sempat menjadi tempat isolasi terpusat, Puskesmas Karangpandan, Puskesmas Jumapolo dan Puskesmas Karanganyar.

"Ini baru digagas, kita minim anggaran. Sudah kita usulkan ke pusat, Kementerian Kesehatan. Karena fokus kedepan kan kesehatan.

Beberapa tempat kita usulkan jadi rumah sakit tipe D," kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono kepada Tribunjateng.com, Rabu (15/9/2021).

Dia menyampaikan, pemilihan Puskesmas Karanganyar diusulkan menjadi rumah sakit tipe D untuk membantu RSUD Karanganyar apabila ada penumpukan pasien. Di sisi lain lahan di tempat tersebut juga masih luas.

Sedangkan diusulkannya bekas gedung SMP di Kecamatan Kerjo menjadi rumah sakit tipe D lantaran lokasi tersebut strategis.

Selain itu ada fasilitas pendukung yakni Puskesmas Kerjo yang jaraknya cukup dekat.

Lanjutnya, apabila warga sekitar Kecamatan Kerjo hendak berobat atau melakukan pemeriksaan ke RSUD Karanganyar atau ke wilayah Kabupaten Sragen jaraknya terlalu jauh.

"Pertimbangannya kan terlalu jauh kalau ke Kabupaten Sragen dan Karanganyar Kota. Jadi letaknya strategis. Jadi nanti juga mencakup warga Jenawi, Ngargoyoso," ungkapnya.

Yuli sapaan akrabnya mengungkapkan, realisasi pembangunan rumah sakit tipe D kemungkinan akan dimulai pada 2022 mendatang.(Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved