Breaking News:

Berita Karanganyar

Lawu Park Tawangmangu Karanganyar Jadi Pilot Project Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi

Namun saat ini pengelola belum bisa menerapkan aplikasi tersebut karena terkendala sistem pendaftaran untuk mendapatkan QR Code.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: M Syofri Kurniawan
Tribun Jateng/Agus Iswadi
The Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (18/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Objek wisata The Lawu Park Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai pilot project penggunaan aplikasi pedulilindungi di kawasan wisata.

Namun saat ini pengelola belum bisa menerapkan aplikasi tersebut karena terkendala sistem pendaftaran untuk mendapatkan QR Code.

Pengelola The Lawu Park, Anggun Nila Monica menyampaikan, saat ini masih tahap persiapan karena ada kendala teknis. Kemungkinan penggunaan aplikasi tersebut akan diterapkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang Mobile Premier League, Dapatkan Cuan Ratusan Ribu

Di samping itu pengelola juga akan menyosialisasikan penggunaan aplikasi tersebut terlebih dahulu kepada masyarakat melalui media sosial.

"Kita akan uji coba dulu sambil evaluasi," katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (18/9/2021).

Saat ditanya terkait penerapan aplikasi tersebut, Nila menuturkan, ada beberapa kendala apabila aplikasi tersebut sudah diterapkan. Seperti kendala sinyal.

"Di sini sinyal agak susah. Tidak semua provider ada sinyal. Jadi kalau tidak bisa scan QR Code bisa menunjukan sertifikat vaksin," ucapnya.

Saat ditanya apakah nantinya bukti vaksin menjadi syarat masuk objek wisata, lanjutnya, pengunjung masih dapat mengunjungi The Lawu Park sekalipun belum menerima dosis vaksin Covid-19.

Pasalnya hingga saat ini belum banyak masyarakat yang sudah menerima dosis vaksin Covid-19.

"Kita tetap akomodasi tapi prokes ketat karena memang vaksinasi belum merata," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mendukung pemerintah dalam program vaksinasi dengan memberikan diskon tiket masuk objek wisata bagi pengunjung yang telah menerima dosis vaksin.

Terkait kondisi kunjungan selama uji coba, Nila mengungkapkan, sudah mulai ada peningkatan jumlah pengunjung. Rata-rata ada 200-300 orang saat hari biasa dan sekitar 1.000 orang saat akhir pekan.

Dalam kondisi normal sebelum pandemi, jumlah kunjungan The Lawu Park bisa mencapai 500 orang saat hari biasa dan sekitar 2.000 orang saat akhir pekan.

Kepala Disparpora Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan, belum mewajibkan semua objek wisata dan fasilitas olahraga menggunakan aplikasi pedulilindungi sebagai syarat masuk.

"Baru ada satu yang mau uji coba, objek wisata The Lawu Park. Itu ditunjuk dari pusat," terangnya. (Ais)

Baca juga: 2 Polwan Bekuk Pencuri Spesialis Minimarket yang Sempat Tembak dan Tabrak Pengejarnya

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved