Breaking News:

Berita Karanganyar

3.000 Benih Ikan Nila Ditebar di Beberapa Sungai Wilayah Karanganyar

BPBD Karanganyar bersama Jasa Tirta Solo dan komunitas peduli sungai menebarkan 3.000 benih ikan nila di beberapa sungai wilayah Kabupaten Karanganyar

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Dokumentasi BPBD Karanganyar.
BPBD bersama Jasa Tirta Solo dan komunitas peduli sungai menebarkan benih ikan nila di Sungai Siwaluh Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/9/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - BPBD Karanganyar bersama Jasa Tirta Solo dan komunitas peduli sungai menebarkan 3.000 benih ikan nila di beberapa sungai wilayah Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/9/2021). 

Kalakhar BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan serangkaian acara dalam rangka menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Progam ini kerjasama antara BPBD dengan Jasa Tirta Solo.

Adapun kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu.

Akan tetapi karena adanya pandemi dan pembatasan kegiatan masyarakat sehingga pelaksanaannya baru direalisasikan pada tahun ini.  

"Sebelumnya sosialisasi dipusatkan di BPBD, melibatkan komunitas sungai Siwaluh, Kebakkramat, Mojogedang dan Matesih. Kemudian dilanjutkan dengan tebar benih ikan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com. 

Penebaran benih ikan dilakukan di beberapa titik seperti Sungai Siwaluh, sungai dekat kantor BPBD, sungai di wilayah Kecamatan Kebakkramat, Mojogedang dan Matesih. 

Dia menuturkan, saat ini sudah menghadapi musim penghujan.

Sosialisasi diberikan kepada komunitas guna mendorong dan meningkatkan kesadaran dari masyarakat supaya menjaga kebersihan sungai.  

"Jangan buang sampah di sungai. Ini menghadapi musim penghujan. Kalau banyak sampah kan airnya nanti bisa meluap. Didorong membersihkan sungai dari sampah. Karena sudah ditebar ikan, kalau mau, mencari ikan jangan menggunakan obat dan setrum," ucapnya. 

Diharapkan dengan kegiatan ini kelestarian sungai dapat terjaga dan bisa jadi potensi wisata. 

"Kalau strategis bisa jadi potensi wisata," jelasnya.(Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved