Breaking News:

Berita Kesehatan

Anggrung, Tumbuhan Bermanfaat Turunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Anggrung (Trema orientalis) sepintas mirip dengan Kresen. merupakan tumbuhan berbunga keluarga Cannabaceae.

Editor: galih permadi
Budi Santoso/BKSDA Jateng
Tumbuhan Anggrung, Untuk Menyembuhkan Batuk Hingga Masuk Angin 

TRIBUNJATENG.COM - Anggrung (Trema orientalis) sepintas mirip dengan Kresen. merupakan tumbuhan berbunga keluarga Cannabaceae.

Di beberapa daerah, T.orientalis dikenal dengan nama Anggrung (Jawa), Mengkirai (Bangka Belitung), Kutu (Toraja, Sulawesi Selatan), Ngawoi (Sulawesi Selatan), Kawae mogane (Sulawesi Tenggara), dan Bono (Sulawesi Tengah).

Anggrung merupakan salah satu jenis fast growing species yang potensial digunakan sebagai tanaman pionir untuk merestorasi lahan kritis, khususnya lahan bekas tambang nikel (Mangopang, 2016).

Manfaat
Anggrung memiliki banyak khasiat dan dimanfaatkan secara tradisional sejak lama.

Pemanfaatannya masyarakat diantaranya yaitu sebagai obat dalam berbagai budaya.

Kulit batang yang direndam dapat digunakan untuk mengendalikan disentri, sedangkan rebusan daunnya dapat digunakan untuk menyembuhkan anjing cacingan (Orwa et al., 2009).

Daun dan pepagan dari Anggrung dapat digunakan untuk mengobati batuk, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, kencing nanah, demam kuning, sakit gigi, dan sebagai penawar keracunan umum (Eckman et al., 1993).

Tanaman Anggrung juga memiliki beberapa efek farmakologis yaitu ekstrak air dari kulit batang telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah dalam model hewan percobaan diabetes mellitus (Dimo et al., 2006).

Selain itu, daun Anggrung juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami dan obat masuk angin. Daun Anggrung ini mengandung cukup banyak zat alami yang dapat melawan tanda-tanda masuk angin, seperti flu dan perut kembung.

Morfologi
Anggrung berhabitus pohon dengan tinggi dapat mencapai 10 m.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved