Breaking News:

PON XX Papua

Presiden Jokowi: PON XX Papua 2021 Sebagai Panggung Persatuan dan Persaudaraan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). 

Capture Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, PAPUA --  Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). 

Menurutnya, PON kali ini menggambarkan kemajuan Papua serta menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua.

“Dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” lanjutnya.

Jokowi menambahkan stadion Lukas Enembe yang sangat megah tersebut bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Ada sejumlah capaian lain dari kemajuan Papua, di antaranya konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub,” tuturnya.

Papua Youth Creative Hub tersebut bertujuan untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

Selanjutnya, Jokowi menyebut bahwa prestasi anak muda Papua juga harus terus dipupuk dan dikembangkan, termasuk prestasi para atletnya.

“Marilah PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatusan dan kesatuan bangsa. Yakinlah, kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini.”

Sebelumnya, dalam sambutan selamat datang, Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan pihaknya selaku panitia penyelenggara akan berupaya semaksimal mungkin membuat banyak senyum dan tawa.

Lukas juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama yang hingga saat ini membuat kita semua terlatih, tersandung, terjatuh, bahkan banyak saudara kita yang gugur melawan pandemi.

Namun upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah yakni senantiasa berbuat baik demi mengantisipasi dan melindungi seluruh rakyat Indonesia, juga evaluasi dan monitoring membuat kegiatan akbar ini dapat terlaksana.

“Hingga akhirnya kami dapat melaksanakan kegiatan akbar ini dengan berbagai pembatasan. Dari tanah Papua saya akan tunjukkan kepada seluruh sahabat yang ada di penjuru nusantara, bahwa kami masyarakat Papua akan senantiasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia, sebab merah putih akan selalu terjahit rapi dalam hati dan jiwa kami," ujarnya. (Kompas TV)

Baca juga: Pemerintah Jamin Keamanan Selama PON XX Papua

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Kota Tegal Sudah 93,42 Persen

Baca juga: Kakek Casmadi Tewas dalam Sumur saat Berusaha Selamatkan Kambing yang Terperosok

Baca juga: 57 Pegawai KPK yang Dipecat Diprediksi Akan Dijadikan Anggota Tim Khusus oleh Kapolri

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Presiden Jokowi Sebut PON XX Papua Sebagai Panggung Persatuan dan Persaudaraan, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/10/02/presidenjokowi-sebut-pon-xx-papua-sebagai-panggung-persatuan-dan-persaudaraan?page=all.

Editor: Hasanudin Aco

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved