Breaking News:

Guru Berkarya

Variasi Tugas Membuat Komik Tingkatkan Motivasi Belajar IPA

Peserta didik mendapatkan penjelasan materi melalui google meet lalu penulis memberi tugas peserta didik untuk mengunduh aplikasi comic page creator.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Reno Widayati SPd, Guru SDN Giling 01 Gunungwungkal Kab Pati 

Oleh: Reno Widayati SPd, Guru SDN Giling 01 Gunungwungkal Kab Pati

BELAJAR dapat dilakukan di mana saja. Pernyataan tersebut sesuai dengan keadaan sekarang. Keberadaan pandemi mengharuskan kita dapat beradaptasi dan hidup berdampingan dengannya.

Pembelajaran yang dulu dilaksanakan melalui tatap muka langsung di sekolah, saat ini melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh menuntut guru dapat berkolaborasi dengan peserta didik, orang tua, dan lingkungan serta harus dapat menguasai teknologi agar dapat menunjang keberhasilannya.

Keberhasilan pembelajaran Jarak Jauh dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya variasi metode belajar. Semisal pada pembelajaran IPA peserta didik kelas 6 SD Negeri Giling 01 Gunungwungkal, Kabupaten Pati pada KD 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi dan KD  4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.

Sebelum masa pandemi, guru melakukan tatap muka langsung dengan peserta didik sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan variatif. Setelah pembelajaran guru memberikan tugas mengerjakan latihan soal.

Namun, selama pandemi guru dan peserta didik hanya bertatap muka maya melalui video conference. Tatap muka maya dirasa kurang maksimal karena peserta didik bosan jika hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga perlu adanya variasi tugas yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap pelajaran IPA.

Pada prinsipnya pelajaran IPA di SD membekali siswa dengan kemampuan berbagai cara mengetahui dan suatu cara mengerjakan yang dapat membantu siswa untuk memahami alam sekitar secara mendalam. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di SD dilakukan dengan penyelidikan sederhana dan bukan hafalan terhadap kumpulan konsep IPA. Pembelajaran yang demikian dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa yang diperlihatkan dengan merumuskan masalah, menarik kesimpulan, sehingga mampu berfikir kritis dalam pembelajaran IPA (Susanto, 2015:170).

Berdasarkan pendapat tersebut, penulis akhirnya memiliki gagasan untuk memberikan variasi tugas kepada peserta didik berupa membuat komik melalui aplikasi Comic Page Creator. Gagasan ini mucul karena guru melihat peserta didik dapat mengoperasikan smartphone dengan sangat baik dan banyak dari mereka yang menyukai anime dari Jepang. Kesempatan ini digunakan penulis untuk memberikan tugas yang sesuai dengan minat mereka sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.

Peserta didik mendapatkan penjelasan materi melalui google meet kemudian penulis memberi tugas peserta didik untuk mengunduh aplikasi comic page creator. Setelah peserta didik mengunduh aplikasi tersebut, penulis menayangkan video tutorial cara menggunakan aplikasi comic page creator dan memberikan contoh komik yang sudah dibuat guru terkait materi yang sudah disampaikan.

Peserta didik sangat antusias pada saat guru menyampaikan bahwa tugas peserta didik adalah membuat komik. Akhirnya, tidak butuh waktu yang lama setelah tatap muka melalui Google Meet, seluruh peserta didik sudah mengumpulkan tugas. Hal tersebut menunjukkan mereka termotivasi untuk belajar IPA melalui tugas membuat komik.

Motivasi peserta didik meningkat, hal ini ditunjukkan dengan antusias peserta didik bertanya dan aktif dalam diskusi. Selain itu, kecepatan dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas juga menunjukkan peningkatan motivasi belajar peserta didik.

Dapat disimpulkan bahwa variasi tugas yang diberikan oleh penulis, yaitu membuat komik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelasVI SD Negeri Giling 01 Gunungwungkal. Terutama pada materi Ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved