Breaking News:

PON XX Papua

Kasus Covid-19 di PON Mulai Bermunculan, 19 Atlet dan Ofisial Terkonfirmasi Positif Corona

Sebanyak 5 atlet kontingen DKI Jakarta di PON XX Papua terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini dikonfirmasi oleh Koordinator Dokter Kontingen DKI

Dok. Garena Indonesia
Jadwal PON XX Papua 2021, Ada 37 Cabang Olahraga dan 11 Eksibisi yang Dimainkan. Free Fire menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) esports yang dipertandingkan dalam format eksibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Sebanyak 5 atlet kontingen DKI Jakarta di PON XX Papua terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini dikonfirmasi oleh Koordinator Dokter Kontingen DKI Jakarta, Junaidi.

Junaidi menerangkan para atlet yang positif Corona berasal dari cabang olahraga sepatu roda, softball, basket dan judo. "Ada atlet sepatu roda, dan softball di Jayapura, yang di Timika itu atlet basket dan judo. Atlet semua," terang Junaidi kepada wartawan, Selasa (5/10).

Saat ini para atlet yang terkonfirmasi positif diminta melakukan isolasi mandiri. Atlet di Jayapura melakukan isolasi mandiri di rumah sakit swasta, sedangkan atlet di Timika dirawat di RSUD Timika.

Perihal kronologi terpaparnya para atlet DKI ini, Junaidi juga mengaku heran. Pasalnya beberapa atlet dari daerah lain juga ikut terpapar.

Sementara Dinas Kesehatan Papua masih kebingungan mencari asal muasal virus Corona tersebut menyebar. Junaidi menampik bahwa virus corona tersebut dibawa dari Jakarta. Pasalnya para kontingen DKI sudah cukup lama menetap di Papua untuk kegiatan PON ini.

"Ada beberapa atlet lain dari daerah lain yang terpapar juga. Tapi Dinas Kesehatan Papua masih bingung dari mana mereka terpaparnya. Mereka juga sudah lama di sini, tidak mungkin dari Jakarta. Cuma di sini mereka kemana, itu masalahnya," terang dia.

Ia dan Dinas Kesehatan Papua curiga para atlet di PON Papua terpapar virus Corona varian baru. Dugaan ini bersumber dari level CT value yang rendah. CT value adalah nilai batas ambang siklus tes Swab PCR untuk memprediksi tingkat keparahan penyakit Corona.

"Kita takut ada varian baru yang terpapar di Papua. Jadi kita di Papua curiga termasuk Dinas Kesehatan Papua juga ada varian baru yang ada di sini. Karena melihat dari CT yang terendah," ungkapnya.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia. Dwi menjelaskan lima atlet DKI Jakarta yang positif Covid-19 kemungkinan terpapar saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung.

Pasalnya, kata Dwi, nilai CT yang rendah mengindikasikan infeksi Covid-19 baru saja terjadi dan terus berkembang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved