Breaking News:

Unisbank

Permudahkan Siswa PAUD Belajar, Dosen Unisbank Inovasi Pembelajaran Berbasis Android sesuai Usia

Masa pandemi covid 19 telah banyak membawa perubahan dalam tatanan ekonomi masyarakat. Termasuk proses pembelajaran masyarakat.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
Dokumentasi Pribadi
Siswa PAUD Taman Pintar Tunas Bangsa Gedongsongo RT 003 RW 001 Kelurahan Manyaran, Semarang memeragakan gerakan yang ada pada Android TV pada proses pembelajaran. 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Masa pandemi covid 19 telah banyak membawa perubahan dalam tatanan ekonomi masyarakat. Termasuk proses pembelajaran masyarakat.

Begitu juga proses pembelajaran di Taman Pintar Tunas Bangsa Gedongsongo RT 003 RW 001 Kelurahan Manyaran, Semarang.

Tim dosen dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang mengembangkan pembelajaran Berbasis Android.

Baca juga: Potensi Belum Tergarap Maksimal, Pasar Bulu Semarang Mulai Disiapkan Jadi Bulu Creative Market

Baca juga: Manusia Silver Masih Banyak di Kota Semarang, Bagaimana Ini?

Baca juga: Sumani Pembunuh Keluarga Dalang Anom Subekti Rembang Divonis Pidana Mati

Ketua program pengabdian masyarakat Unisbank, Aji Supriyanto mengatakan, sejumlah kegiatan pengenalan media pembelajaran berbasis android dilakukan. Dari sosialisasi dan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan.

"Sosialisasi dan penyuluhan dilakukan dalam sistem pembelajaran berbasis IT Android pada masyarakat terutama pada PAUD dan pengunjung perpustakaan," kata Aji, melalui pesan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, pelatihan diberikan pada guru pendidikan anak usia dini atau PAUD dalam memberikan materi pembelajaran dan permainan edukatif dengan menggunakan perangkat Android TV yang dikoneksikan ke internet.

Selain itu pelatihan juga dilakukan dengan memberikan materi animasi sederhana pada guru PAUD.

"Sedangkan kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan terkait instalasi perangkat Smart TV berbasis Android. Serta perangkat audio yang dapat terkoneksi dengan  komputer, internet, dan smartphone," bebernya.

Aji menambahkan, materi multimedia sederhana difokuskan pada pembuatan animasi sederhana dengan menggabungkan gerakan teks, gambar, dan suara.

Ia berujar, dengan metode pembelajaran seperti itu, akan membuat anak betah belajar dan tak membosankan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved