Lifestyle

Tujuan MOTION 2021 Siapkan Desainer Muda Indonesia Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Pagelaran Moslem Streetwear Design Competition (MOTION) dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2021 memiliki tujuan kuat.

Editor: Editor Bisnis
IST
Tampilan peserta Moslem Streetwear Design Competition (MOTION) dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SURABAYA - Pagelaran Moslem Streetwear Design Competition (MOTION) dalam rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2021 memiliki tujuan kuat.

Tujuan event digelar oleh Bank Indonesia (BI) Jawa Timur itu yakni menciptakan talenta-talenda muda di bidang fashion Moslem untuk mereka bisa menjadi produsen dan tuan rumah di negeri sendiri.

"Mengingat konsumsi produk fashion muslim Indonesia berada di tingkat ketiga secara global."

"Jadi warga Indonesia banyak menjadi pasar, dengan jumlah sekitar 5 persen dipasar global," kata Elly

Silitonga, Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Jatim, Jumat (24/9/2021), di sela pengumuman pemenang 10 besar MOTION secara virtual.

Sehingga dengan event MOTION ini, pihaknya berharap, para desainer muda, bahkan ada yang menjadi peserta sebagai desainer pertama, bisa mendapatkan kesempatan untuk tampil dan berkembang.

Mereka punya potensi memperluas karyanya dan bisa menarik pasar, secara awal, pasar lokal, dan akan mampu berkembang lagi hingga ke pasar global.

"Mengingat potensi pasar di dalam negeri juga besar, dan karya desainer lokal juga tidak kalah dengan global," lanjut Elly.

Dengan kegiatan FESyar, sebagai kegiatan road to ISEF (Internasional Syari' Economy Festival) yang digelar di Jakarta, selalu diisi dengan fashion show atau peragaan busana muslim.

Namun di FESyar 2021 ini, fashion show ditambah dengan kompetisi desain busana muslim yang ready to wear.

"Dari babak penyisihan, ada sekitar 123 desain yang masuk. Dan itu menunjukkan antusiasme peserta yang cukup tinggi. Apalagi tidak hanya dari Jatim, tapi juga ada yang dari Jakarta, Semarang dan lainnya," ungkap Elly.

Dari jumlah tersebut, kemudian diseleksi dan diperoleh 30 besar. Desain yang masuk di babak ini kemudian diaplikasikan ke busana dan ditampilkan di ajang penjurian oleh delapan juri pada 17 September lalu.

Selain dipamerkan, ke-30 karya ini juga ditampilkan dalam fashion show yang digelar secara tapping oleh para model-model Surabaya.

Dari penjurian itu, kemudian diumukan 10 besar pada Jumat (24/9/2021) secara virtual.

Halaman
12
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved