Breaking News:

Guru Berkarya

Tingkatkan Pemahaman Greeting and Leave taking dengan Media Audio Visual

Bahasa menjadi salah satu media berkomunikasi manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga proses penyampaian suatu informasi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Aris Maryono SPd, Guru SMP Satu Atap Luragung Kab Pekalongan 

Oleh: Aris Maryono SPd, Guru SMP Satu Atap Luragung Kab Pekalongan

BAHASA menjadi salah satu media berkomunikasi manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga proses penyampaian suatu informasi antar individu maupun kelompok dapat diterima dan dipahami. Menurut Siahan (2008) Bahasa merupakan salah satu warisan manusia yang memainkan peranan penting dalam kehidupan, seperti dalam berpikir, menyampaikan gagasan serta berkomunikasi.

Salah satu bahasa yang popular dalam kehidupan sehari-hari yaitu Bahasa Inggris yang mana telah diajarkan dibangku sekolah salah satunya di SMP 1 Atap Luragung, Kabupaten Pekalongan di kelas 7 melalui pembelajaran Bahasa Inggris. Adapun salah satu materi yang diajarkan yaitu Greeeting and Parting yang termasuk kedalam KD 3.1 yaitu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaan. Ketika anak mampu memahami materi greeting and Leave taking dengan baik maka dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal awal mempelajari keterampilan berbahasa Inggris.

Kenyataan yang ada memberikan materi Bahasa Inggris kepada siswa bukanlah hal yang mudah terlebih jika kita berada di sekolah yang mayoritas siswanya tidak memiliki pengetahuan dasar Bahasa Inggris, ditambah dengan kondisi pembelajaran yang dilakukan tidak secara tatap muka dan masih minimnya pengetahuan guru akan pelaksanaan pembelajaran daring.

Adanya kendala tersebut tidak mematahkan semangat guru untuk terus mengajarkan Bahasa Inggris kepada siswa. Salah satu usaha yang guru lakukan untuk menarik simpati siswa dalam mempelajari dan memahami materi Bahasa Inggris adalah dengan menciptakan media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan ketika pembelajaran daring.

Media yang digunakan guru adalah media audio visual berbahan dasar PPT berisi materi greeting and Leave taking yang kemudian diinovasikan dengan rekaman suara penjelasan materi dalam PPT. Menurut Rusman (2012) media audio visual merupakan salah satu media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta kemauan peserta didik untuk mempelajari bahan ajar.

Dalam mempersiapkan media audio visual guru hanya perlu mempersiapkan bahan materi greeting and Leave taking, kemudian, materi yang sudah disusun didalam PPT ditambahkan rekaman penjelasannya yang mana bisa memanfaatkan aplikasi screen recorder. Setelah media siap digunakan upload ke dalam grup pembelajaran Bahasa Inggris kelas 7 SMP 1 Atap Luragung.

Untuk menilai seberapa paham siswa dalam mempelajari materi melalui media audio visual bertema greeting and Leave taking tersebut, guru juga menugaskan setiap peserta didik untuk menyusun rangkaian teks greeting and parting dalam kehidupan sehari-hari di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil teks yang telah disusun oleh siswa ketika selesai mempelajari materi greeting and Leave taking menggunakan media audio visual dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa sudah memahami materi greeting and Leave taking dengan baik.

Hasil teks yang dibuat oleh siswa menunjukkan bahwa susunan kata greeting and Leave taking telah sesuai dengan konteks penggunaannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan media audio visul efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi greeting and Leave Taking. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved