Breaking News:

Berita Karanganyar

Museum Dayu Gondangrejo Karanganyar Dibuka Mulai Besok

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar akan membuka Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto.  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar akan membuka Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu yang terletak di Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar mulai Sabtu (16/10/2021). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com, Muesum Dayu menjadi objek wisata terkahir yang akhirnya dibuka kembali untuk pengunjung dari sekian objek wisata lainnya yang dikelola Pemda. Sebelumnya Pemda telah membuka Jalur Pendakian Gunung Lawu, Candi Cetho, Candi Sukuh dan Sapta Tirta. 

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, sebelumnya dinas telah mengajukan izin ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng terkait pembukaan objek wisata Museum Dayu

Di sisi lain saat ini status Kabupaten Karanganyar sudah PPKM level dua. Di samping capaian vaksinasi dosis pertama di atas 75 persen. Dia mengimbau kepada pengunjung suapaya menerapkan protokol kesehatan ketika mengunjungi Museum Dayu

"Kita minta pengunjung tetap prokes. Usia 12 tahun (ke bawah) diimbau tidak masuk ruangan. Kalau masuk kawasan beli tiket boleh. Kan tidak di ruangan itu sudah indah," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (15/10/2021). 

Dia menuturkan, Museum Dayu ditutup sementara sejak PPKM darurat awal Juli 2021. Terkait operasional, pengelola membuka Museum Dayu setiap hari mulai pukul 08.00-17.00.

Adapun pengunjung juga dibatasi kapasitasnya dalam satu ruangan. Di dalam Museum Dayu ada tiga ruangan dengan jumlah kapasitas per ruangan sekitar 30 orang. 

"Aplikasi pedulilindungi belum diterapkan. Kalau SDM mampu kita akan survei, hanya untuk survei. Bukti vaksin bukan menjadi syarat masuk," terangnya. (Ais).

Baca juga: Harga Cabai di Semarang Kembali Naik, Kini Jadi Rp 30 Ribuan Perkilogram

Baca juga: Cuplikan Gol Fredyan Wahyu Sugiantoro Saat PSIS Semarang Menang Skor 3-0 Atas Persik Kediri

Baca juga: Pemkab Karanganyar Dukung Pendaftaran Varietas Lokal Stevia, Si Manis Dari Tawangmangu

Baca juga: Dongeng Populer Anak Sebelum Tidur Hansel dan Gretel

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved