Semarang Hebat

Mengenal Ikigai, Cara Warga Jepang Memaknai Hidup Supaya Lebih Bahagia

Kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya masalah. Terlebih ketika bertambahnya usia, selalu ada saja masalah yang dihadapi.

Penulis: faisal affan | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Krisseptiana Hendrar Prihadi, Ketua TP PKK Kota Semarang, saat menjadi narasumber dalam acara virtual peluncuran Ikigai Consulting, Sabtu (30/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya masalah. Terlebih ketika bertambahnya usia, selalu ada saja masalah yang dihadapi. Baik itu skalanya kecil atau besar, tetap saja menjadi beban kehidupan.

Di Jepang, ada sebuah filosofi hidup yang bernama ikigai. Ikigai di negara asalnya dikenal dengan konsep alasan keberadaan manusia. Memahami konsep ikigai, bisa untuk menentukan alasan untuk tetap menjalani hidup.

Maka dari itu, salah satu orang Indonesia kemudian tergerak untuk menciptakan sebuah platform startup yang bernama Ikigai Consulting. Dia adalah Flavia Sungkit, seorang psikolog, CEO, dan founder Ikigai Consulting.

Bertepatan dengan peluncuran Ikigai Consulting secara virtual, Sabtu (30/10/2021), Flavia menyampaikan penelitian dari HBR menyatakan ada 60 persen orang mengalami tekanan kerja akibat kekosongan akan tujuan hidupnya.

"20 persen diantaranya mengalami masalah kesehatan mental. Kurangnya tujuan hidup meningkatkan stres yang mengarah pada penurunan kesehatan, dan berpengaruh kepada kematian yang lebih cepat," ujar Flavia.

Layanan yang diberikan oleh Ikigai Consulting yakni dengan mengedepankan proses counseling, mentoring, dan coaching berdasarkan etika profesional.

"Sehingga kami menjamin kerahasiaan data maupun informasi perusahaan," tegasnya.

Turut menjadi narasumber, Krisseptiana Hendrar Prihadi, selaku Ketua TP PKK Kota Semarang, juga mengatakan kerap menggerakkan kegiatan-kegiatan positif untuk anggota PKK di Kota Semarang.

"Banyak sekali kegiatan positif yang dilakukan bersama ibu-ibu PKK. PKK ini juga menjadi wadah atau support system supaya anggotanya memiliki kehidupan yang bahagia, sehat secara mental, dan bermanfaat untuk orang lain. Tak sedikit pula kegiatan yang dilakukan begitu sangat kreatif," terangnya.

Pihaknya berharap Ikigai Consulting bisa menjadi metode baru dalam menemukan makna hidup di lingkungan masyarakat. Sehingga bisa mengurangi orang yang frustasi maupun putus asa.(afn)

Baca juga: Jack Disabilitas Semarang Andalkan Gosend Kirim Pesanan Konsumen saat Pandemi Covid-19

Baca juga: Pengendara Blade Meninggal Dunia Usai Kecelakaan Dengan Truk Gandeng di Karanganyar

Baca juga: Dosen Filsafat kepada Pejabat Unika: Harus Ambil Jarak dengan Teknologi

Baca juga: Rutan Salatiga Ikuti Peringati Hari Kemenkumham RI Secara Virtual

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved