Berita Wonogiri

Inilah Sosok AKP Surono Kapolsek di Wonogiri yang Dirikan Pesantren untuk Yatim dan Dhuafa

Kapolsek Eromoko, AKP Surono mendirikan yayasan dan pondok pesantren untuk menampung anak yatim dan dhuafa. 

Penulis: Agus Iswadi | Editor: galih permadi
dokumentasi Humas Polres Wonogiri.
AKP Surono mengajar peserta didik di pesantren. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI - Kapolsek Eromoko, AKP Surono mendirikan yayasan dan pondok pesantren untuk menampung anak yatim dan dhuafa. 

Pria kelahiran Sukoharjo 27 Oktober 1975 tersebut kini memimpin Yayasan Abdurrahman Bin Auf yang membawahi Pesantren Abdurahman Bin Auf, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raden Mas Said Wonogiri dan Masjid Abdurrahman Bin Auf.

Kiprahnya AKP Surono dimulai dengan melakukan terobosan-terobosan untuk mencarikan orang tua asuh bagi anak-anak yatim piatu dan dhuafa sejak 2016.

Pihaknya memfasilitasi penyaluran donasi dari  Uni Emirat Arab (UEA). Anak-anak yatim piatu dan dhuafa didata kemudian diajukan ke pengelola donasi dari UEA.

"Setiap anak mungkin akan mendapatkan orang tua asuh yang berbeda-beda dari UEA, sehingga donasi yang mereka dapatkan berbeda-beda," katanya.

Donasi tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan UEA di Indonesia.

Dalam hal ini pihaknya hanya memfasilitasi tempat dan mengkoordinasikan kegiatan.

Santunan yang diperoleh lantas digunakan untuk kegiatan operasional dan kebutuhan sekolah, bukan untuk hal-hal konsumtif.

Adapun pengajuan donasi diperbarui setiap enam bulan sekali.

Dalam setiap pengajuan, puluhan anak berhasil lolos verifikasi dan pihak UEA perwakilan Indonesia dan berhak menerima santunan. 

Di sisi lain, pondok pesantren juga berjalan berkat partisipasi dan donasi dari masyarakat, keluarga maupun dari para pengajar pesantren sendiri.

"Kemarin kami baru dapat bantuan beras 500 kilogram dari Eromoko," ujarnya.

Setelah program orang tua asuh berjalan, AKP Surono bersama rekan-rekannya kemudian mendirikan Yayasan Abdurrahman Bin Auf. 

"Selanjutnya, tahun 2020 kami mendapat izin mendirikan pondok pesantren. Saya bersama Pak Wawan menjadi salah satu pendirinya," terangnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved