Breaking News:

Berita Batang

DLH Batang Akan Tutup TPS di Pinggir Jalan, Sediakan Motor Kontainer Angkut Ke Desa

Sejumlah Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada di Kabupaten Batang terutama di pinggir jalan protokol terlihat penuh bahkan cenderung overload

Penulis: dina indriani | Editor: rival al manaf

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Sejumlah Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada di Kabupaten Batang terutama di pinggir jalan protokol terlihat penuh bahkan cenderung overload dan mengotori lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, Akhmad Handy Hakim mengatakan untuk mengatasi hal tersebut dan menjaga lingkungan bersih pihaknya membeli 5 motor kontainer sampah.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Penghubung Blado-Pagilaran Batang Selesai, Bisa Dilewati Kendaraan Besar

Baca juga: Prediksi Dynamo Kiev Vs Barcelona Liga Champion, H2H, Susunan Pemain dan Link Live Streaming

Selain itu juga, pohaknya akan menutup TPS yang ada di jalan Protokol seperti, di Jalan Pemuda, Jalan Tentara Pelajar desa Kalisalak Batang

"Penambahan armada ini, kami harapkan menjadi solusi atas Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di pinggir jalan karena terlihat sangat kumuh," tuturnya saat ditemui, Selasa (2/11/2021).

Nantinya, sampah yang diangkut sepeda motor kontainer akan langsung di bawa ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) hal ini  juga untuk mengurangi beban sampah di TPS

"Sebagai solusinya nanti warga yang biasa buang sampah di TPS itu, akan diberi bantuan armada sepada motor kontainer ke desa dengan sistem pinjam pakai," jelasnya. 

Menurutnya, dipilihnya motor kontainer sampah ini karena biaya operasionalnya lebih murah dibandingkan dengan truk, seperti seperti BBM dan tenaganya, sehingga lebih efektif. 

Pengadaan armada baru sepada motor kontainer sampah bersumber dari sisa dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020.

"Tahun 2020 kemarin itu ada anggaran DAK tetapi gagal lelang, Alhamdulillah tahun ini berhasil pengadaan 5 unit sepeda motor kontainer dengan nilai anggaran Rp 300 Juta," ujarnya.

Baca juga: Prediksi Dynamo Kiev Vs Barcelona Liga Champion, H2H, Susunan Pemain dan Link Live Streaming

Baca juga: Prediksi Juventus Vs Zenit Liga Champion, H2H, Susunan Pemain dan Link Live Streaming

Adapun untuk biaya operasional dan perawatan kendaraan sepeda motor gerobak bisa menggunakan anggaran dana desa. 

"Kalau memang nanti belum ada yang mengampu biaya operasionalnya, sementara sepeda motor gerobak sampah akan di handel dari DLH,"pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved