Breaking News:

Berantas Pinjol Ilegal, Asosiasi Fintech Gandeng BI dan OJK Gelar BFN

Bulan Fintech Nasional (BFN) digelar dalam rangka mendukung pertumbuhan industri fintech, sekaligus memberantas keberadaan pinjol ilegal.

Editor: Vito
Kontan/Muradi
ILUSTRASI Fintech 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung pertumbuhan industri financial technology (fintech), sekaligus memberantas keberadaan pinjol ilegal, Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) menggelar kegiatan Bulan Fintech Nasional (BFN).

Adapun, industri fintech masih mencatatkan pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang signifikan di tengah sorotan dan upaya pemberantasan pijaman online (pinjol) ilegal.

Data Aftech mencatat, akumulasi penyaluran dana fintech terdaftar dan berizin hingga kuartal III/2021 mencapai Rp 262,93 triliun, tumbuh 104,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Selaras dengan pertumbuhan tersebut, outstanding kredit industri fintech juga melesat 116,18 persen secara yoy menjadi Rp 27,48 triliun pada akhir September 2021.

“Semoga Bulan Fintech Nasional ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memanfaatkan fintech syariah,” Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), Ronald Yusuf Wijaya, dalam peresmian 'Bulan Fintech Nasional (BFN) dan 3rd Indonesia Fintech Summit 2021', secara virtual, Senin (8/11). 

Melalui kegiatan tersebut, Aftech berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui serangkaian program edukasi.

Ketua Umum Aftech, Pandu Sjahrir mengatakan, kegiatan BFN diikuti 65 penyelenggara fintech, yang akan memberikan serangkaian promosi bagi masyarakat.

"Saat ini sudah ada lebih dari 65 perusahaan fintech yang akan ikut memeriahkan BFN dengan memberi promosi diskon maupun program-program menarik, baik untuk konsumen maupun untuk UMKM, termasuk lebih dari 115 kegiatan webinar, IG live, podcast, dan lain-lain," tuturnya.

"Ada pula lebih dari 200 lowongan pekerjaan dalam Virtual Job Fair sebagai salah satu program bagian dari Bulan Fintech Nasional ini," tambahnya.

Selain itu, Pandu menuturkan, Aftech akan meluncurkan situs cekfintech.id pada peluncuran BFN yang jatuh pada 11 November 2021.

Situs itu dihadirkan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi terkait denganlegalitas fintech, sehingga pada akhirnya dapat membantu upaya pemerintah memberantas pinjol ilegal.

"Situs www.cekfintech.id merupakan wujud nyata dari komitmen industri fintech terhadap pemberantasan pinjol ilegal, yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui legal atau tidaknya suatu aplikasi pinjol," jelasnya. (Kompas.com/Rully R Ramli/Kontan.co.id/Adrianus Octaviano/Tribunnews/Yanuar Riezqi Yovanda)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved