Breaking News:

Berita Purbalingga

Bupati Tiwi Paparkan 4 Upaya Riil 2022 Untuk Optimalisasi PAD

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melakukan 4 upaya riil tahun 2022 dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Humas Pemkab Purbalingga
Bupati Tiwi dalam Rapat Paripurna DPRD Acara Penyampaian Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD 2022 dan 4 Raperda Lainnya, Rabu (10/11/2021) di Ruang Rapat DPRD. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melakukan 4 upaya riil tahun 2022 dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Optimalisasi PAD dilakukan melalui intensifikasi pajak dan retribusi, updating wajib pajak dan retribusi, pembaharuan regulasi terkait pajak dan retribusi serta pendayagunaan aset daerah dan peningkatan kinerja BUMD.

Upaya riil pertama yang akan dilakukan tahun 2022 adalah, melakukan penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pajak Bumi dan Bangunan khususnya tanah yang diharapkan akan meningkatkan PBB dan BPHTB.

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Polres Purbalingga Luncurkan Mobil Vaksin dan Mobil Masker

Baca juga: Balita di Surabaya Tewas Dianiaya Ibunya Karena Sering BAB di Celana

Baca juga: Chord Kunci Gitar dan Lirik Salam Rindu Tipe X

Hal itu disampaikan Bupati Tiwi dalam Rapat Paripurna DPRD Acara Penyampaian Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD 2022 dan 4 Raperda Lainnya, Rabu (10/11/2021) di Ruang Rapat DPRD.

Upaya riil yang kedua, yakni optimalisasi parkir tepi jalan umum.

Ketiga, optimalisasi pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB). 

Keempat melakukan updating tarif retribusi untuk jenis retribusi yang besaran tarifnya dipandang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

"Saat ini Pemkab Purbalingga juga sedang dilakukan audit kinerja optimalisasi PAD oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Hasil diskusi bahwa nanti ada banyak potensi PAD yang masih bisa dimaksimalkan, diantaranya sampah, parkir, pasar dan sebagainya. 

Ketika audit selesai, maka rekomendasi BPK nanti bisa kami jadikan dasar dalam optimalisasi PAD," terangnya kepada tribunjateng.com, dalam rilis. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved