Breaking News:

Guru Berkarya

Penerapan Flash Card pada Pembelajaran Alat Pernafasan

Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang akan menanamkan segala pengetahuan terkait dengan lingkungan sekitar kepada anak didik.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sunarti SPdSD, Guru SDN 2 Belor Kec Ngaringan Kab Grobogan 

Oleh: Sunarti SPdSD, Guru SDN 2 Belor Kec Ngaringan Kab Grobogan

PENDIDIKAN dasar merupakan jenjang pendidikan yang akan menanamkan segala pengetahuan terkait dengan lingkungan sekitar kepada anak didik. Anak didik akan mendapatkan materi pembelajaran yang lengkap dengan segala keunikan proses pembelajarannya.

Sebagai jenjang pendidikan dasar atau sekolah dasar (SD) anak didik akan mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari guru sebagai pendidik. Guru akan mengelola proses pembelajaran dan penanaman pengetahuan kepada anak didik. Fungsi dan tugas guru adalah sebagai fasilitator pendidikan dalam proses pembelajaran.

Guru memikul tanggung jawab untuk dapat mendampingi anak didik dalam mengetahui dan mengenal kemampuan yang dimilikinya. Guru juga dituntut harus mampu memberikan pelayanan yang optimal pada proses pembelajaran. Profesionalitas guru dapat diartikan dapat menjalankan tugasnya secara baik dan benar.

Hal ini berarti guru diharapkan dapat menyediakan dan menawarkan proses pembelajaran yang menarik sebagai sarana mengasah bakat dan potensi. Pemanfaatan media saat proses pembelajaran akan memberikan kemudahan kepada guru.

Latuheru (1988: 14) menjelaskan media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (anak didik atau warga belajar). Azhar (2011) mengungkapkan media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan anak didik yang dapat merangsang anak didik untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak, yaitu melalui bermain Flash Card (kartu kata).

Kartu merupakan kartu yang dibuat dari kertas putih yang ditempeli huruf-huruf berukuran besar (10x10 cm per huruf) dengan kertas emas berwarna merah sehingga membentuk kata yang dekat dengan anak. Media Flashcard penting digunakan dalam proses belajar mengajar karena berfungsi untuk memperjelas pesan yang disampaikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan sempurna.

Media flashcard adalah media yang berbentuk kartu kecil yang berisi gambar, teks atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun anak didik pada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flashcard biasanya berukuran 8 x 12 cm atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi.

Pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk Flashcard untuk menyampaikan materi pembelajaran IPA kelas lima tentang alat pernapasan makhluk hidup sangat tepat sekali. Hal ini disebabkan materi tentang alat pernapasan makhluk hidup dapat di pecah menjadi gambar-gambar yang dapat dijelaskan.

Kelebihan yang ditawarkan pada penggunaan media pembelajaran Flashcard yaitu mudah dibawa. Dengan ukuran yang kecil, Flashcard dapat disimpan di tas bahkan di saku, dapat digunakan di mana saja, di kelas ataupun di luar kelas.

Kemudian praktis, guru tidak perlu memiliki keahlian khusus. Jika akan menggunakan guru tinggal menyusun urutan gambar sesuai dengan keinginan. Selanjutnya adalah gampang diingat, media Flashcard menyajikan pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan, sehingga memudahkan anak mengingatnya.

Kelebihan berikutnya menyenangkan, media Flashcard dalam peggunaannya melalui permainan, yaitu anak berlomba untuk mencari kartu sesuai perintah. Penggunaan media pembelajaraan ini ternyata membawa dampak positif. Anak didik sangat bersemangat mengikuti proses pembelajaran dengan mengumpulkan kartu. Hasil belajar anak didik juga meningkat sangat drastis pada evaluasi yang dilakukan setelah pembelajaran. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved