Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Raih Peringkat 7 Nasional Penilaian Kinerja PTSP & PPB

Pemkab Karanganyar meraih peringkat ke-7 nasional dalam penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (P

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Dokumentasi DPMPTSP Karanganyar
Tim Penilai dari Kementerian Investasi/BKPM dengan didampingi oleh surveyour Sucofindo melakukan Penilaian Kinerja PTSP dan PPB di Kantor DPMPTSP Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar meraih peringkat ke-7 nasional dalam penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PBB) dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penilaian kinerja PTPP dan PBB merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Investasi BKPM dalam rangka menindaklanjuti amanat Perpres Nomor 42 Tahun 2002 tentang Pemberian Penghargaan dan atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian Negara /Lembaga dan Pemerintah Daerah. 

Adapun Tim Penilai dari Kementerian Investasi / BKPM dengan didampingi oleh surveyour Sucofindo melakukan Penilaian Kinerja PTSP dan PPB di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar pada tanggal 3-4 Juni 2021.

Penilaian kinerja memiliki 3 kategori yaitu sangat baik dengan nilai antara 80 sampai 100, baik dengan nilai antara 60 sampai 79,99 dan kurang baik dengan nilai di bawah 59.99. Jika Pemerintah Daerah (Pemda) mendapatkan nilai sangat baik maka dapat diusulkan untuk diberi penghargaan berupa piagam/trofi, publikasi media massa dan Dana Insentif Daerah (DID).

Sedangkan pada nilai kurang baik untuk Pemda akan diberikan sanksi administratif penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH). Jika Pemda mendapatkan kategori baik maka tidak akan mendapatkan penghargaan ataupun sanksi.

Kepala DPMPTSP, Timotius Suryadi menyampaikan, penilaian kinerja PTSP dan PPB tersebut tingkat kabupaten se-Indonesia. Semula dari semua kabupaten se-Indonesia dijaring 25 besar. Kemudian diseleksi kembali menjadi 10 besar dan 5 besar. 

"Kita terpental dari lima besar karena masih terkendala sarana dan prasarana," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (17/11/2021). 

Dalam penilaian tersebut Pemkab Karanganyar masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 92,532. Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjadi terbaik ke-7 secara nasional untuk kriteria Pemerintah Daerah Kabupaten. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved