Breaking News:

Guru Berkarya

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal bertujuan untuk membentuk manusia yang berkepribadian.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Joko Ujianto SPd, Kepala SDN Pranten 01 Kec Bawang Kab Batang 

Oleh: Joko Ujianto SPd, Kepala SDN Pranten 01 Kec Bawang Kab Batang

SEKOLAH sebagai lembaga pendidikan formal bertujuan untuk membentuk manusia yang berkepribadian. Hal ini sejalan dengan tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 yakni Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, perlu adanya upaya optimal dari seluruh warga sekolah. Kepala sekolah mempunyai andil besar dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan.

Salah satu indikator bagusnya kualitas suatu sekolah bisa dilihat dari kedisiplinan seluruh warga sekolah. Menurut Hasibuan (2002:17) disiplin adalah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku, baik secara tulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi jika melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Sebagai kepala sekolah, harus mampu mengarahkan personel sekolah agar dapat bekerja sama dalam meningkatkan budaya disiplin di sekolah. Sebelum meningkatkan kedisiplinan siswa, kepala sekolah fokus pada kedisiplinan guru.

Dimulai dengan hal kecil seperti memberikan contoh-contoh yang dapat membuat guru-guru tergerak untuk meningkatkan kedisiplinan. Di samping pemberian contoh secara langsung, kepala SDN Pranten 01 Kec. Bawang seringkali berkomunikasi dengan guru mengenai budaya disiplin di sekolah.

Dengan kelebihan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, kepala sekolah memberi nasihat dan saran sehingga muncul perubahan cara berfikir, sikap dan tingkah laku guru menjadi berdisiplin tinggi. Mengingat bahwa guru memegang peranan penting dalam proses pembentukan karakter siswa dalam proses belajar mengajar. Jika guru belum bisa disiplin, maka akan susah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

Ada beberapa cara yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Sebelum memulai tahun pelajaran baru, kepala sekolah merencanakan peraturan mengenai kedisiplinan disertai sanksinya. Kepala sekolah juga mernecanakan jadwal sosialisasi dan pembinaan kedisiplinan bersama.

Pada saat sosialisasi, kepala sekolah menyampaikan tentang kedisiplinan sekaligus menerima saran atau masukan dari guru. Pertama mengenai kedisiplinan dalam kehadiran mengajar. Guru tidak boleh meninggalkan kelas kecuali benar-benar ada alasan yang mendesak.

Kedua, meningkatkan kedisiplinan perencanaan pembelajaran. Pembuatan perangkat pembelajaran akan semakin berat jika ditunda-tunda. Untuk itu kepala sekolah menekankan bahwa perangkat pembelajaran semua guru harus sudah selesai di awal tahun pelajaran.

Ketiga, kedisiplinan pelaksanaan pembelajaran. Kepala sekolah secara berkala melakukan supervisi ketika guru sedang mengajar. Kegiatan supervisi sudah dijadwalkan sebelumnya.

Terakhir, kedisiplinan evaluasi pembelajaran. Di SDN Pranten 01 Kec. Bawang, jadwal untuk penilaian harian disamakan semua tingkat dan tersistem dengan baik. Selanjutnya kepala sekolah meminta guru untuk menganalisis hasil pekerjaan siswa dan melaksanakan tindak lanjut.

Program-program yang sudah direncanakan di awal dan disosialisasikan efektif meningkatkan kedisiplinan guru. Prosentase guru yang meninggalkan kelas saat jam pelajaran semakin kecil. Administrasi guru baik dari perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi juga selesai pada waktunya tanpa diingatkan berkali-kali. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved