Berita Jawa Tengah

Vaksinasi untuk Usia Anak SD Dimulai 24 Desember, Gubernur Jateng Ganjar: Ini Kabar Bagus

Pemerintah pusat akhirnya memperbolehkan anak usia 6-11 tahun mendapat vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai pada 24 Desember mendatang.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau lokasi vaksinasi anak di di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro, Jumat (23/7/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah pusat akhirnya memperbolehkan anak usia 6-11 tahun mendapat vaksinasi Covid-19. Vaksinasi pada anak-anak itu akan dimulai pada 24 Desember mendatang.
 
Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Mendagri nomor 66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Nataru.

Seluruh daerah bisa melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dengan syarat vaksinasi masyarakat umum dosis pertama mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 60 persen.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut baik keputusan itu.

Ganjar mengatakan akan segera melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun.

Baca juga: Wali Kota Semarang Hendi Beri Lampu Hijau Kampus yang Hendak Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Baca juga: Partai Pamungkas Putaran Pertama, PSIS Semarang Pasang Target Wajib Menang


"Sudah banyak yang tanya, termasuk tadi dari Wali Kota Tegah. Ketika sudah diperbolehkan, maka kita akan genjot secepatnya," kata Ganjar, usai memimpin rapat koordinasi penanganan Nataru di Gradhika Bhakti Praja, Jumat (10/12/2021).
 
Menurut Ganjar, stok vaksin saat ini sudah banyak.

Jika nanti sudah keluar vaksin apa yang bisa digunakan untuk menyuntik anak-anak itu, maka pelaksanaan vaksinasi bisa dikejar.
 
"Ini penting karena memang di berberapa tempat, klaster beru itu munculnya hanya di sekolah saja, di tempat lain belum ada. Maka saya kira ini kabar bagus untuk kita bisa melakukan tindakan secepatnya," terangnya.
 
Disinggung terkait syarat vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun baru bisa dilakukan di daerah yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen, Ganjar mengatakan hampir semua daerah di Jateng sudah memenuhi syarat.

Saat ini, hanya tinggal tiga daerah yang menjadi perhatian, yakni Brebes, Pemalang dan Kabupaten Tegal.
 
"Kita sudah semua, tinggal tiga kabupaten itu. Maka tim dari Pemprov sekarang kita turunkan ke sana untuk melakukan pendampingan. Bupati dan Sekda sudah kami dorong untuk melakukan percepatan," jelasnya.

Baca juga: Imran Nahumarury Ingin Pemain PSIS Keluarkan Kemampuan 200 Persen Hadapi Persipura

Baca juga: Keren, Pelabuhan Kota Tegal Dipenuhi Seni Mural Ajakan Jaga Laut dari Sampah

Jika nanti target percepatan harian bisa dilakukan, maka pendampingan percepatan vaksinasi ketiga kabupaten itu akan dilepaskan.

Namun jika tidak ada percepatan, maka Ganjar mengatakan akan menerjunkan tim sapu jagad agar target vaksinasi di tiga daerah itu bisa mencapai 70 persen.
 
"Kalau perlu tim sapu jagad kita turunkan, kita kerahkan dari TNI, Polri, BIN, BUMN dan lainnya untuk mengeroyok bersama-sama. Saya sudah berkali-kali sampaikan, kalau mengalami kesulitan dan tidak bisa mengambil inisiatif, saya minta segera telpon saya untuk kita segera bantu," pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved