Breaking News:

Berita Kudus

Hari Bela Negara, Hartopo Ajak Masyarakat Kobarkan Semangat Rela Berkorban Demi Bangsa

Bupati Kudus HM Hartopo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menanamkan semangat bela negara dalam diri untuk memperkokoh persatuan.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: moh anhar
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo saat memimpin apel gabungan Hari Bela Negara di Pendopo Kudus, Senin (20/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menanamkan semangat bela negara dalam diri untuk memperkokoh persatuan dalam NKRI.

Hal itu disampaikannya saat  apel gabungan Hari Bela Negara ke-73 yang berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (20/12/2021).

Apel gabungan tersebut dihadiri oleh unsur TNI, Polri, Satpol PP, serta pejabat ASN di lingkungan Pemkab Kudus.

Dalam kesempatan tersebut Hartopo membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dengan tema 'semangat bela negaraku, Indonesia tangguh Indonesia tumbuh'.

Baca juga: Harga Cabai Rawit Setan di Kab. Tegal Tembus Rp 80 Ribu per Kilogram, Kenaikan Terjadi Setiap Hari

Baca juga: Cara Nyentrik Wali Kota Tegal Agar Anak-anak Terhibur saat Divaksin, Datang Pakai Seragam SD

"Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus megobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju," kata Hartopo.

Pihaknya menjabarkan, bela begara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa negara yang dijiwai oleh kecintaanya kepada NKRI. 

"Nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara. Implementasi dari 5 nilai dasar bela negara inilah yang harus dikembangkan dalam setiap kesempatan," katanya.

Baca juga: Vaksin Usia 6-11 Tahun di Karanganyar Dimulai 27 Desember 2021, Anak Wajib Didampingi Orang Tua

Baca juga: Ini Tips Dinas Kesehatan Kota Semarang Jika Terjadi KIPI usai Vaksinasi Anak

Terakhir, Hartopo mengajak masyarakat untuk terus menanamkan semangat bela negara dalam diri untuk memperkokoh persatuan dalam NKRI. 

"Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19, namun mampu menghadapi tantangan dari bangsa lainya. Selain itu, kita juga mampu memanfaatkan kesulitan jadi sebuah lompatan kemajuan," kata dia. (*)

 

 

 

/12/2021).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved