Breaking News:

Libur Nataru

Jemaat Yang Ikut Ibadah di Gereja Santo Pius X Karanganyar Telah Didata, Digelar Secara Hybrid

Jemaat yang akan mengikuti ibadah Natal di Gereja Santo Pius X Kabupaten Karanganyar dipastikan telah terdata dari awal

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Catur waskito Edy
agus iswadi
Anggota Sat Sabhara Polres Karanganyar menerjunkan anjing pelacak saat melakukan sterilisasi di Gereja Santo Pius X Karanganyar menjelang pelaksanaan ibadah Natal pada Kamis (23/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Jemaat yang akan mengikuti ibadah Natal di Gereja Santo Pius X Kabupaten Karanganyar dipastikan telah terdata dari awal dan telah menjalani vaksin Covid-19. 

Dalam pelaksanaan ibadah di Gereja Santo Pius X digelar secara daring dan luring tapi terbatas. Ibadah akan digelar selama empat kali mulai pada Jumat (24/12/2021) pukul 17.00 dan pukul 20.00 serta Sabtu (25/12/2021) pukul 06.00 dan pukul 09.00.

Sehingga bagi jemaat yang tidak dapat mengikuti ibadah secara offline masih bisa mengikuti ibadah melalui siaran langsung di chanel Youtube St Pius X Karanganyar. 

Pastor Gereja Santo Pius X Karanganyar, Romo Robertus Triwidodo PR menyampaikan, panitia khusus dan Satgas Covid-19 mandiri telah dibentuk dalam rangka perayaan Natal tahun ini. 

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas tempat ibadah dibatasi 50 persen saat pelaksanaan ibadah. Selain itu pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana terkait prokes supaya 5M dapat terpenuhi mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

"Jemaat dianjurkan masuk tidak membawa tas, kalau ada paling dompet kecil. Masuk dicek suhu, cuci tangan dan pakai masker.

Yang pasti harus sehat dan sudah vaksin. Kalau belum vaksin karena suatu hal bisa menunjukan surat sehat," katanya kepada Tribunjateng.com usai sterilisasi gereja yang dilakukan anggota Sat Sabhara Polres Karanganyar, Kamis (23/12/2021).
 
Selain itu jemaat yang akan mengikuti ibadah di gereja harus mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada petugas di lingkungan masing-masing.

Dengan begitu lanjut Romo, jemaat yang mengikuti ibadah nantinya sudah jelas identitasnya. 

Dalam hal pengamanan di kawasan gereja, tim pengamanan gereja akan berkoordinasi dengan jajaran TNI-Polri serta instansi lain sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan aman dan nyaman. 

"Tinggal kroscek data, artinya mau nyelonong masuk tidak bisa," ucapnya. 

Di sisi lain jajaran dari Sat Sabhara Polres Karanganyar melaksanakan sterilisasi di area gereja sebelum berlangsungnya ibadah Natal di St Pius X Karanganyar.

Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol Joko Waluyono mengatakan, sterilisasi dengan melibatkan Unit K-9 ini dilakukan di gereja sekitaran Karanganyar Kota. Sedangkan gereja lainnya dilakukan oleh jajaran polsek setempat. 

"Pemeriksaan menggunakan metal detector, kaca mirror dan anjing pelacak. Sementara ini tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan," ungkapnya. (Ais). (*)

Baca juga: Sembilan Nama Kiai Sepuh Masuk Tim AHWA di Muktamar NU, Tugas Mereka Pilih Rais Aam PBNU 2021-2026

Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Jelajahi Kebudayaan Jateng, Jaga Warisan Budaya Nusantara

Baca juga: Detik-detik Kecelakaan di Sragen, Motor Ditabrak Mobil Hingga Masuk Kolong, Begini Nasib Pemotor

Baca juga: Longsor Timpa Gudang dan Dapur Rumah Warga, Camat Sarankan Pemilik Mengungsi Sementara

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved