Breaking News:

Guru Berkarya

Mendalami Alat Pernapasan Makhluk Hidup melalui Media Slide

Teknologi berkembang sangat cepat mengiringi perubahan zaman. Penggunaan produk teknologi semakin masif diberbagai bidang kehidupan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Eka Matriani SPdSD, Guru SDN 02 Tegalsuruh Kec Sragi Kab Pekalongan 

Oleh: Eka Matriani SPdSD, Guru SDN 02 Tegalsuruh Kec Sragi Kab Pekalongan

TEKNOLOGI berkembang sangat cepat mengiringi perubahan zaman. Penggunaan produk teknologi semakin masif di berbagai bidang kehidupan terutama bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran seakan menjadi sebuah keharusan di era 5G.

Guru mesti hadir dan memadukan antara teknologi dengan proses pembelajaran. Guru perlu mengkolaborasikan antara bahan pembelajaran dengan kemajuan teknologi. Guru juga perlu mempersiapkan bahan pembelajaran sebagai modal dalam mengisi proses pembelajaran.

Sungkono dkk (2003:1) menjelaskan bahwa bahan pembelajaran adalah seperangkat bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran yang dimodifikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Suatu bahan pembelajaran memuat materi, pesan atau isi mata pelajaran yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah, atau teori yang tercakup dalam mata pelajaran sesuai disiplin ilmu serta informasi lain dalam pembelajaran.

Penggunaan bahan pembelajaran dalam proses pembelajaran tidak serta merta dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ketika bahan pembelajaran lengkap akan tetapi penyampaian materi pembelajarannya kurang tepat, akan berdampak terhadap respon yang diberikan oleh peserta didik.

Dampak-dampak tersebut di antaranya bosan, jenuh, mengantuk dan terasa tidak memiliki minat mengikuti pembelajran. Peserta didik seringkali ribut di kelas dan mengganggu pembelajaran yang lain. Hal ini juga terjadi di SDN 02 Tegalsuruh Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan.

Guru harus memanfaatkan sarana yang lain dalam proses pembelajaran. Sarana yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Solusi dalam mengatasi kejenuhan atau meningkatkan kembali semangat belajar peserta didik penulis mencoba menerapkan pembelajaran dengan media pembelajaran berupa gambar slide show melalui program microsoft power point.

Hujair AH. Sanaky (2009:127-128) mengemukakan bahwa media power point adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah microsoft office program komputer dan tampilan ke layar menggunakan bantuan LCD proyektor. Metode pembelajaran dengan media slide show adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan tambahan animasi dan diproyeksikan melalui bantuan LCD proyektor,

Microsoft powerpoint adalah salah satu contoh program yang bisa digunakan sebagai penerapan media gambar slide show. Dengan program ini, guru dapat membuat materi pembelajaran yang menarik dengan tambahan tampilan animasi.

Penulis menerapkan pembelajaran dengan media slide show ketika menyampaikan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas lima tentang Alat Pernapasan Makhluk Hidup.

Langkah awal yang penulis lakukan adalah menentukan tema pembelajaran yang akan dibahas. Kemudian pada program microsoft powerpoint kita gabungkan antara tulisan dan animasi agar bahan ajar menjadi menarik. Setelah kita atur durasi masing-masing slide kemudian kita simpan dan bahan ajar siap digunakan. Untuk penyampaian materi kepada peserta didik kita membutuhkan poyektor agar tampilan gambar terlihat lebih besar dan peserta didik dapat melihat lebih jelas isi materi pembelajaran.

Setelah menggunakan media gambar slide show ini ada progres positif yang penulis rasakan dari sebelumnya. Dari penulis sendiri dapat menggali pengetahuan dari pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran sedangkan dari peserta didik dirasakan ada peningkatan minat belajar. Peserta didik sangat antusias dalam menerima materi pembelajaran.

Proses pembelajaran seringkali melebihi waktu karena media pembelajaran yang digunakan menyenangkan. Peserta didik juga semangat dalam menerima pembelajaran. Melalui pembelajaran dengan media slide show peserta didik menjadi lebih paham dan lebih fokus dalam menerima materi pembelajaran yang diberikan, bahkan hasil belajar peserta didik meningkat secara drastis. (*)

 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved