Breaking News:

Guru Berkarya

Memanfaatkan Media Komik dalam Pembelajaran Materi Sejarah

Tuntutan perkembangan jaman mengharuskan pendidik agar lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Asiyah SPd, Guru SMPN 3 Patean Kabupaten Kendal 

Oleh: Asiyah SPd, Guru SMPN 3 Patean Kabupaten Kendal

TUNTUTAN perkembangan zaman mengharuskan pendidik agar lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Perkembangan jaman yang sangat pesat saat ini sedang menggerogoti minat belajar peserta didik khusunya jenjang pendidikan menengah. Pada hakikatnya usia peserta didik pada tahap ini seperti yang dikemukakan oleh Jean Piaget berada pada tahapan operasional konkrit dimana peserta didik lebih mempercayai ataupun lebih memahami hal-hal yang bersifat nyata dan real ketimbang hanya cerita ataupun narasi yang disampaikan oleh pendidik.

Pada mata pelajaran IPS misalnya, pembelajaran IPS adalah sebuah pembelajaran yang bahasannya seputar sejarah ataupun cerita-cerita dimasa lalu yang tidak diketahui oleh peserta didik, karena peserta didik belum lahir pada saat itu maka pembelajaran ini dapat penulis kategorikan sebagai pembelajaran yang bahasan cenderung abstrak atau tidak real. Oleh karena itu pembelajaran ini akan cenderung membosankan jika diajarkan dengan cara biasa.

Peran adalah suatu sikap atau perilaku yang diharapkan oleh banyak orang terhadap seseorang yang mempunyai status atau kedudukan tertentu. Jika dikaitkan ke ranah pendidikan khususnya pembelajaran sejarah, peran media komik dalam pembelajaran Sejarah pada mata pelajaran IPS sangat penting. Peran di sini dapat diartikan sikap/dampak positif yang diharapkan ditimbulkan oleh media komik terhadap pembelajaran sejarah pada mapel IPS karena kedudukannya sebagai alat bantu pembelajaran. Ciri-ciri dari peran itu sendiri menurut Anderson Carter dalam Andarmoyo (2012: 20) adalah terorganisasi, terdapat perbedaan dan kekhususan dan adanya keterbatasan dalam menjalankan tugas dan fungsi.

Media oleh karenanya dapat diartikan sebagai perantara antara pengirim informasi yang berfungsi sebagai sumber atau resource dan penerima informasi atau receiver. Dalam proses belajar media berfungsi untuk menjembatani proses penyampaian dan pengiriman pesan dan informasi. Dengan menggunakan media dan teknologi, proses penyampaian pesan dan informasi antara pengirim dan penerima akan dapat berlangsung dengan efektif  (Benny A. Pribadi.: 2017)

Media merupakan suatu alat komunikasi yang berfungsi sebagai perantara untuk menyampaikan suatu pesan sumber informasi (resource) dan penerima atau receiver yang bertujuan memudahkan pekerjaan ataupun kegiatan penyampaian informasi tersebut.media pembelajaran yang merupakan sebuah alat bantu dalam menyukseskan pembelajaran di dalam kelas memiliki beragam macam yang salah satu diantaranya adalah Komik.

Komik merupakan selembar kertas yang berisi tulisan dengan kalimat-kalimat yang singkat, padat, mudah dimengerti, dan gambar-gambar yang sederhana. Komik juga digunakan untuk memberikan keterangan singkat tentang suatu masalah. Komik memiliki fungsi sebagai alat, media, dan bahan ajar yang didalamnya berisi pesan atau muatan yang tujuan yang ingin diungkapkan oleh penulis atau komikus kepada pembaca sebagai penerima maupun penikmatnya. (Maulana Arafat Lubis,  2018:48)

Sejarah adalah pelajaran yang membosankan. Sedangkan kemanfaatan dari belajar sejarah adalah mengetahui peristiwa atau kejadian di masa lampau, yaitu memberikan manfaat mempelajari sejarah adalah untuk mengetahui secara detail dan benar tentang apa, siapa, kapan, dimana dan dampak dari peristiwa tersebut. Dengan begitu, dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai peristiwa atau kejadian tertentu. Selanjtunya adalah menjadi sumber inspirasi dari kisah atau ceritanya, bermanfaat bagi profesi, sebagai sarana edukasi dan pembelajaran, sebagai sarana hiburan atau rekreasi dan sebagai pedoman berbangsa dan bernegara

Materi sejarah yang mana cara belajarnya di buat komik ternyata menjadi semakin menarik. Penyampaian mata pelajaran sejarah tidak hanya di hafal untuk menyerap materi sejarah akan tetapi memahamkan. Materi komik dala, materi sejarah di SMPN 3 Patean Kendal sangat bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. (*)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved