Breaking News:

Guru Berkarya

Mengaplikasikan Video Bandicam untuk Pembelajaran Daring IPA

Sebagai guru IPA di SMP Negeri 2 Sragi penulis melakukan upaya dengan membuat alat pembelajaran melalui sebuah aplikasi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Riyanti SPd, Guru SMPN 2 Sragi Kabupaten Pekalongan 

Oleh: Riyanti SPd, Guru SMPN 2 Sragi Kabupaten Pekalongan

BERDASARKAN Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) bahwa proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menutaskan seluruh capain kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Dengan adanya surat edaran tersebut, maka guru harus melakukan pembelajaran secara Daring guna membatasi aktivitas belajar mengajar secara langsung, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sebagai guru IPA di SMP Negeri 2 Sragi penulis melakukan upaya dengan membuat alat pembelajaran melalui sebuah aplikasi untuk mengatasi kejenuhan belajar dari rumah, dan juga mempermudah penyampaian materi kepada siswa. Materi Pengukuran memang materi yang agak susah untuk dipahami oleh siswa, disebabkan materi berupa penggunaan alat ukur dan cara mengkonversi satuan.

Guna mempermudah menyampaikan materi pengukuran, penulis menggunakan video buatan sendiri menggunakan sebuah aplikasi. Jogiyanto (1999:12) adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi(instruction) atau pernyataan(statement) yang disusun sedemikian sehingga komputer dapat memproses input menjadi output. Aplikasi yang penulis gunakan adalah Power Point dan Bandicam.

Aplikasi utama adalah Bandicam sedangkan aplikasi power point merupakan aplikasi pendukung. Aplikasi Bandicam merupakan penngembangan media pembelajaran berbasis IT. Bandicam adalah utilitas perekam layar yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Korea Selatan Bandisoft. Selain untuk merekam layar PC dengan ukuran penuh, Bandicam juga digunakan untuk merekam layar dengan ukuran tertentu. Bandicam banyak digunakan untuk merekam game, video, presentasi, layar komputer dengan kualitas hasil sangat baik.

Dengan aplikasi Bandicam akan membantu guru untuk melakukan perekaman video pembelajaran yang digabungkan dengan presentasi power point. Bandicam juga sangat membantu guru dalam menyampaikan materi, guru juga akan lebih kreatif dalam membuat bahan ajar.

Ada beberapa tahap yang harus dipersiapkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Bandicam, antara lain membuat konsep materi apa yang akan disampaikan ke siswa dalam bentuk power point, mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk proses rekaman, seperti background dengan menggunakan kain berwarna hijau, menata tempat rekaman agar lebih tenang, tidak ada suara-suara lain yang nanti masuk pada saat perrekaman. Setelah selesai melakukan perekaman, lanjutkan ke pengeditan atau penyuntingan sampai ke tahap publikasi video ke peserta, kemudian pada saat publikasi video. Kalau di SMP Negeri 2 Sragi kami memposting materi melalui website pembelajaran yang sudah disediakan oleh sekolah.

Dengan cara membuat video pembelajaran sendiri oleh guru dengan menggunakan aplikasi Bandicam, besar harapan penulis agar para siswa lebih mengenal gurunya walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Peserta didik juga akan lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang disampaikan, karena materi berupa video, tidak hanya berupa tulisan saja.

Walaupun harapan itu tidak selalu baik, tapi penulis sebagai seorang guru sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan pengajaran sesuai instruksi dari pemerintah. Semoga guru semakin kreatif, inovatif untuk mengembangkan bahan ajar guna memajukan pendidikan di Indonesia. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved