Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Tegal Masih Aman Sampai Akhir Desember

Jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenis vaksin Covid-19 seperti Sinovac, Pfizer, Moderna, Astrazeneca, dan lain-lain

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny, saat ditemui Tribunjateng.com, Kamis (23/12/2021) kemarin di Balai Desa Pagongan, Kecamatan Dukuhturi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sempat terkendala masalah stok vaksin Covid-19 beberapa waktu lalu, tapi untuk sekarang ini menurut Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny, stok vaksin selalu terpenuhi dan aman bahkan hingga akhir Desember 2021 mendatang.

Adapun sekarang ini, jumlah stok vaksin di Kabupaten Tegal sebanyak 130.565 dosis vaksin Covid-19.

Jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenis vaksin Covid-19 seperti Sinovac, Pfizer, Moderna, Astrazeneca, dan lain-lain.

"Jumlah tersebut diperkirakan bisa sampai akhir Desember, dan kami juga sedang mengambil stok lagi. Ya bisa dikatakan stok vaksin Covid-19 aman," kata Sarmanah, pada Tribunjateng.com, Kamis (23/12/2021) kemarin.

Dijelaskan oleh Sarmanah, kemampuan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal sebetulnya bisa 15 ribu per hari, tapi dengan catatan jumlah sasaran memenuhi atau ada yang divaksin.

Pada kesempatan ini, Sarmanah mengajak warga yang belum divaksin untuk segera vaksin karena demi kebaikan bersama, supaya Herd Imunity bisa segera terbentuk dengan baik. 

"Kalau sekarang rata-rata harian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sekitar 10 ribu, tapi tidak hanya dosis satu saja melainkan dosis dua juga," ujarnya.

Antisipasi penyebaran virus Omicron:

Menanggapi kemungkinan adanya potensi pemudik saat momen natal dan tahun baru, Sarmanah menjelaskan beberapa langkah antisipasi penyebaran virus Omicron.

Di antaranya seperti melakukan karantina mandiri bagi orang yang habis melakukan perjalanan ke luar negeri.

Sedangkan khusus di Kabupaten Tegal sendiri antisipasi yang perlu dilakukan yaitu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Ada satu lagi yang tidak boleh terlupa yaitu melakukan vaksin Covid-19.

"Kami tetap melakukan skrining khususnya di Rest Area tapi acak, yaitu tanggal 24-25 Desember 2021 dan 2 Januari 2022," tandasnya. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved