Breaking News:

Guru Berkarya

Metode Mendongeng untuk Mendalami Pembelajaran PAI dan BP

Guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat, manarik dan sederhana dalam menyampai materi pembelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Ety Mutiati SPdI, Guru SD Negeri Sidayu Kecamatan Bandar Kabupaten Batang 

Oleh: Ety Mutiati SPdI, Guru SDN Sidayu Kec Bandar Kab Batang

PENDIDIKAN Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan disampaikan semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. PAI dan BP mata pelajaran yang memberikan pondasi bagi anak didik dalam bertindak dan berperilaku.

Pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP seringkali tanpa persiapan yang baik dari guru sebagai pendidik. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi satu arah dan membosankan.

Anak didik merespon proses pembelajaran yang kurang inovatif dengan sikap yang kurang menyenangkan. Motivasi dan minat anak didik sangat rendah untuk mengikuti proses pembelajaran. Akhirnya anak didik tidak fokus mengikuti proses pembelajaran dengan melamun, mengobrol dengan temannya, bahkan membuat keributan dan mengganggu anak didik yang lain seperti yang terjadi di SDN Sidayu Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.

Guru perlu memberikan terobosan dengan proses pembelajaran PAI dan BP yang menarik. Beberapa fasilitas pendukung untuk memotivasi dan meningkatkan minat mengikuti pembelajaran PAI dan BP pada jenjang pendidikan dasar harus di munculkan.

Minat adalah perpaduan keinginan dan kemauan yang dapat berkembang jika ada motivasi. Terbentuknya suatu kebiasaan pada umumnya memakan waktu lama, dan dalam pembentukan minat anak dan motivasii mempunyai peran yang sangat menentukan.

Jika tidak ada minat dan motivasi, pada umumnya kebiasaan tidak tumbuh dan tidak berkembang. Salah satu memacu tumbuhnya minat dan motivasi anak didik adalah dengan penggunaan metoode pembelajaran. Guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat, manarik dan sederhana dalam menyampai materi pembelajaran.

Elfisa (2012:208) menjelaskan bahwa metode adalah kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami sesuatu objek dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah dan kebahasannya dari suatu permasalahan. Salah satu cara untuk menciptakan ketertarikan anak dengan PAI dan BP yaitu melalui metode dongeng. Kegiatan ini sudah banyak dilakukan komunitas maupun perorangan. Metode ini juga sering diterapkan dalam lomba yaitu lomba dongeng.

Anak didik dapat menikmati alur cerita dengan senang. Metode ini juga efektif untuk menyampaikan pesan cerita tentang kisah para penentang Islam materi PAI dan BP kelas enam sekolah dasar. Anak didik secara langsung terlatih berimajinasi tentang dongeng yang di sampaikan. Melalui metode dongeng, anak didik akan tertarik dan semangat.

Proses penerapan dimulai dengan Anak didik mendengarkan sebuah cerita yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Anak didik berimajinasi, membayangkan dalam benak dan kemudian termotivasi. Dengan mendengarkan dongeng yang menarik maka anak mengetahui jalan cerita.

Keingintahuan akan muncul sehingga anak tertarik dan mencari referensi cerita tersebut dari buku. Anak didik diajak mencari buku cerita dan membacanya. Dengan demikian jelaslah bahwa tujuan dari kegiatan dongeng ini dapat meningkatkan minat dan motivasi anak didik. Hasil belajar anak didik juga dapat ditingkatkan secara signifikan sesuai dengan harapan. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved