Breaking News:

Berita Tegal

Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Tegal Periode 2020-2023, "Kearifan Sikap Dalam Bermedia"

Pelantikan pengurus PWI Tegal periode 2020-2023 digelar di gedung C Pemkab Tegal.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Proses pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal periode 2020-2023, berlokasi di gedung C Pemkab Tegal, Senin (27/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sempat tertunda karena situasi pandemi Covid-19, akhirnya secara resmi berlangsung orientasi wartawan dan pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal periode 2020-2023, berlokasi di gedung C Pemkab Tegal, Senin (27/12/2021). 

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa, Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa'at yang diwakili Kasi Humas Polres Tegal AKP Supratman, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng Amir Machmud, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal terpilih Dwi Ariadi, dan rekan media yang bertugas di wilayah Kabupaten Tegal

Adapun acara dimulai dengan pembacaan susunan keanggotaan PWI Kabupaten Tegal periode 2020-2023, proses pelantikan yang ditandai dengan pembacaan sumpah, pemberian ucapan selamat, foto bersama, sambutan-sambutan, pembacaan doa, dan diakhiri pemaparan orientasi wartawan. 

Dalam sambutannya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng Amir Machmud, mengingatkan beberapa hal di antaranya tentang kode etik jurnalistik, kearifan sikap dalam bermedia, bijak dalam menyaring informasi (pemberitaan) secara tepat untuk masyarakat, dan bisa menilai mana yang layak diberitakan atau tidak diberitakan. 

Termasuk bisa menjalankan tugas sebagai wartawan ataupun anggota PWI yang berintegras, jujur, amanah, dan tidak memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu. 

Tak lupa, ia pun mengucapkan selamat kepada ketua PWI Kabupaten Tegal terpilih dan juga para anggotanya. 

"Mudah-mudahan ketua PWI Kabupaten Tegal dan anggota yang terpilih bisa menyosialisasikan apa itu PWI, ada apa saja di dalamnya, kode etik jurnalistik, mengampanyekan kearifan jurnalistik yang bermoral dan beretika untuk kemaslahatan masyarakat," pesan Amir Machmud, pada Tribunjateng.com, Senin (27/12/2021). 

Menyampaikan sambutan Bupati Tegal Umi Azizah, Aribawa memberikan apresiasi kepada seluruh insan media atau wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Kabupaten Tegal

Melalui keanggotaannya di dalam PWI ini, ia menitip pesan agar ekosistem dan industri pers di Kabupaten Tegal tetap harus dijaga dan berjalan dengan sehat, serta terlindungi agar masyarakat tetap mendapatkan informasi yang berkualitas.

Pers adalah garda terdepan untuk mencerahkan masyarakat, meluruskan informasi yang kurang akurat, dan turut meredakan kepanikan, bukan sebaliknya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved