Breaking News:

Berita Purbalingga

Pencak Silat Pagar Nusa Purbalingga Diharapkan Cetak Generaasi Muda Berakhlaqul Karimah

Kemampuan bela diri PSNU Pagar Nusa yang didominasi oleh para santri bukan hanya untuk takabur namun sebagai fungsi pengendalian diri.

Editor: abduh imanulhaq
PEMKAB PURBALINGGA
Wisuda III Pencak Silat NU Pagar Nusa Purbalingga di Ballroom Braling Grand Hote Purbalingga, Senin (27/12/2021) 

TRIBUJATENG.COM, PURBALINGGA - Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa diharapkan dapat turut serta membangun Purbalingga khsusunya dalam mencetak generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Kemampuan bela diri PSNU Pagar Nusa yang didominasi oleh para santri bukan hanya untuk takabur namun sebagai fungsi pengendalian diri.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Purbalingga, Budi Susetyono, pada acara Wisuda III Pencak Silat NU Pagar Nusa Purbalingga di Ballroom Braling Grand Hote Purbalingga, Senin (27/12/2021).

Pelaksanakan Wisuda III kali ini diikuti oleh 130 orang.

Ikut Hadir pada kegiatan itu Forkompimda Purbalingga, Ketua Wilayah PSNU Pagar Nusa Jateng yang merupakan Bupati Blora (H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.), Rois Syuriah PC NU Purbalingga.

"Para anggota PSNU Pagar Nusa diharapkan semakin mandiri, lebid dewasa dan dapat mengendalikan diri serta dijauhkan dari sifat takabur sehingga mendukung terwujudnya Purbalingga yang berakhlakul karimah. Bela diri sejatinya untuk melindungi diri sendiri bahkan untuk melindungi sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Budi berpesan pada anggota pagar nusa, agar selalu rendah hati walaupun mempunyai ilmu yang tinggi.

Ibarat kata pepatah seperti ilmu padi yakni semakin berisi pada semakin merunduk begitu juga kita semakin berilmu juga harusnya semakin merunduk.

Merunduk disini bukan rendah diri namun rendah hati, tidak jumawa.

Wakil Ketua Tanfidziyah PC NU Purbalingga, K. Muhammad Nur Hidayat, S.Ag mengatakan Pagar Nusa itu pencak silat yang lahir dari pesantren, maka harapannya Pagar Nusa senantiasa harus mendekati pesantrean jangan sampai pesantren diisi oleh pencak silat yang lain.

Pagar Nusa juga harus bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU agar pencak silat Pagar Nusa bisa menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut.

"Dengan pembinaan yang berjenjang diharapkan Pagar Nusa bisa mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang nasional maupun internasional. Pagar Nusa diharapkan bisa meningkatkan kemampuannya dengan latihan yang lebih keras lagi," tambahnya. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved