Breaking News:

Berita Pendidikan

Terobosan Baru Kemendikbudristek Kembangkan SMK Berkualitas pada 2022

Kemendikbudristek intensif melibatkan dunia usaha dunia industri (dudi) dalam program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) pada 2022

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Mamdukh Adi Priyanto
Tangkapan layar Dirjen Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto (kiri atas) pada sosialisasi SMK Pusat Keunggulan secara virtual 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadirkan terobosan baru untuk membangun sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berkualitas.

Kemendikbudristek intensif melibatkan dunia usaha dunia industri (dudi) dalam program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) pada 2022.

Drektorat Jenderal Pendidikan Vokasi kembali menyelenggarakan program SMK PK yang sudah berjalan sejak tahun 2020.

Kemendikbudristek memperkenalkan terobosan baru yaitu skema pemadanan dukungan yang melibatkan dunia usaha dunia industri secara intensif.

"Tujuannya adalah meningkatkan kolaborasi yang terukur nyata dengan dunia kerja dalam membangun SMK berkualitas, sehinga menjadi mercusuar kinerja dan pusat belajar SMK lain," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dalam pernyataan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Pada SMK PK 2022, sekolah yang akan dan atau telah mengikuti program akan mendapatkan dukungan dana dari dunia usaha dan industri. Selain itu, ditambah dana pemadanan dari Kemendikbudristek.

Dengan begitu, kata dia, program ini membuat industri memiliki sense of belonging (rasa memiliki) terhadap SMK serta memberikan masukan-masukan yang signifikan bagi pengembangan SMK karena mereka menggelontorkan dana yang cukup signifikan.

"Kami akan benar-benar mencari industri dan menyelenggarakan sesi mengundang industri untuk meyakinkan mereka terhadap SMK PK yang kami tawarkan, baik yang sudah ada dan baru. Secara kualitas, serta link and match dengan industrinya sudah bagus," ucapnya.

Ia menjelaskan, SMK PK bertujuan untuk mengimplementasikan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar memiliki peningkatan kualitas dan kinerja.

Kemudian, akan diperkuat kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha dan industri. Serta menjadi SMK rujukan yang memiliki semangat pengimbasan dunia usaha, pusat peningkatan kualitas, dan rujukan bagi kinerja SMK lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved