Breaking News:

Berita Wonogiri

42 Sepeda Motor Knalpot Brong Diamankan Polres Wonogiri

Jajaran Satlantas Polres Wonogiri menindak 42 sepeda motor knalpot brong di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Wonogiri. 

Penulis: Agus Iswadi | Editor: rival al manaf
Dokumentasi Humas Polres Wonogiri.
Jajaran Satlantas Polres Wonogiri menindak pengendara sepeda motor knalpot brong.  

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI - Jajaran Satlantas Polres Wonogiri menindak 42 sepeda motor knalpot brong di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Wonogiri

Penindakan pelanggaran kasat mata itu dilakukan jajaran Satlantas Polres Wonogiri di Jalan Jendral Sudirman, Jalan Ahmad Yani dan Jalan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo mulai Senin (10/1/2022) hingga Kamis (13/1/2022). 

Dasar penegakan hukum ini yakni sesuai UU RI No 8 Tahun 1981 tentang KUHAP, UU RI No 2 tahun 2002 tentang POLRI, UU No 22 tahun 2009 tentang UU LAJ, UU RI No 19 tahun 2016 Tentang perubahan UU RI No 11 TH 2008 Tentang Informasi dan transaksi Elektronik.

Baca juga: Buka Layanan Penerbangan Kargo Rute Semarang-Singapura, Jurus Baru Garuda Indonesia saat Pandemi

Baca juga: Tinjau Lokasi Kebakaran, Bupati Kudus HM Hartopo Minta Instalasi Listrik Dievaluasi

Baca juga: Pastikan Wilayah Kondisi Kondusif, Kapolres Blora Ajak Jajarannya Tingkatkan Patroli di Jam Rawan

Kemudian Perkab No 5 tahun 2012 tahun 2012 tentang Regident ranmor. Dan PP no 80 tahun 2012 tentang rik ranmor di jalan dan dakgar lalu lintas angkutan jalan. 

"Penegakan hukum ini juga atas perintah lisan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pada hari Senin tanggal 10 Januari 2022 di Mapolda Jateng tentang giat dakgar lantas secara humanis bagi para pengendara sepeda motor yang masih menggunakan knalpot tidak sesuai standar yang dapat menimbulkan suara bising," kata Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto pada Kamis (13/1/2022).

Dalam penindakan ini petugas melakukan patroli sekaligus pemantauan arus lalu lintas dan hunting sistem terhadap pengendara sepeda motor knalpot brong.

Petugas kemudian melakukan penyitaan barang bukti untuk kemudian pemilik kendaraan ditindak sesuai dengan mekanisme e-Tilang. 

Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Marwanto menambahkan, giat operasi knalpot brong ini sebelumnya sudah digelar jauh-jauh hari. Akan tetapi kedepan akan terus digencarkan terkait dengan penegakan hukum.

"Operasi zero knalpot brong yang ada di wilayah hukum Polres Wonogiri sudah melakukan langkah-langkah hukum dan humanis," ucapnya.

Baca juga: Prediksi Persib Bandung Vs Bali United BRI Liga 1 2021, H2H, Susunan Pemain dan Link Live Streaming

Baca juga: Pegadaian Kanwil XI Semarang Kejar Target Outstanding Rp 5,7 Triliun di 2022 Ini

Baca juga: Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 6 Subtema 2 Halaman 90 91 92 93 94 Perubahan Energi

Dia menjelaskan,  sepeda motor dapat dibawa pulang oleh pemilik apabila sudah mengikuti sidang. Akan tetapi pemilik juga harus mengganti knalpot sesuai dengan standar termasuk surat-surat dan kelengkapan kendaraan. 

"Harapan kami apabila kendaraan sudah dikeluarkan dari Satlantas Polres Wonogiri maka posisi kendaraan sesuai dengan standarnya semula, sehingga tertib dan tidak melanggar lagi," jelas AKP Marwanto. 

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved