Berita Karanganyar

Mitigasi Bencana, Relawan Bersihkan Rumpun Bambu di Aliran Sungai Kaliondo Karanganyar

Anggota BPBD Karanganyar bersama relawan gabungan membersihkan rumpun bambu yang menyumbat aliran sungai Kaliondo Desa Malanggaten Kecamatan Kebakkram

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Dokumentasi BPBD Karanganyar
Tim relawan gabungan melakukan pembersihan aliran sungai yang tersumbat rumpun bambu di wilayah Desa Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar, Sabtu (29/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar bersama relawan gabungan membersihkan rumpun bambu yang menyumbat aliran sungai Kaliondo di Desa Malanggaten, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (29/1/2022).

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyampaikan, pembersihan aliran sungai tersebut dilakukan dalam rangka mitigasi bencana banjir seiring tingginya intensitas hujan belakangan ini.

Pembersihan aliran sungai tersebut melibatkan potensi relawan baik dari TNI, SAR, komunitas sungai, relawan dan masyarakat sekitar.

"Ada rumpun bambu besar melintang di sungai kecil. Karena itu dataran rendah, untuk antisipasi supaya tidak meluap," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Dia menuturkan, air sungai tersebut sering meluap setiap kali ada sumbatan tumpukan bambu dan kayu saat musim penghujan.

"Beberapa kali sering meluap tapi tidak sampai mengenai rumah. Hanya pekarangan," ucapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya waspada mengingat curah hujan dengan intensitas tinggi diprediksi akan terjadi hingga Februari 2022.

Dia menerangkan, ada beberapa daerah yang rawan terhadap luapan air sungai terutama aliran Sungai Bengawan Solo seperti sebagian wilayah Jaten, Kebakkramat, dan Gondangrejo. Hingga saat ini EWS (early warning system) telah terpasang di wilayah Dusun Banaran Desa Ngringo Kecamatan Jaten.

"Masyarakat diimbau selalu update informasi. Terutama yang dekat Bengawan Solo. Biasanya ada informasi dari Perum Jasa Tirta, elevasinya berapa, normal atau siaga. Sehingga bisa berjaga-jaga menyelamatkan diri dan barang-barang," jelasnya.

Selain di Desa Malanggaten, bersih sungai juga akan dilakukan anggota BPBD Karanganyar bersama potensi relawan di aliran Sungai Dimoro Kecamatan Karangpandan pada esok hari. (Asi)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved