Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keren, FAI UMP Purwokerto Gelar Pentas Wayang Saat Pelepasan Calon Wisudawan

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian kesenian wayang.

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Pagelaran wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana UMP periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Tingginya nilai sejarah dan kebudayaan wayang sebagai kesenian asli Indonesia menginspirasi Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian kesenian tersebut.

Hal ini diwujudkan melalui gelaran Wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto.

“Pada acara pelepasan wisudawan/wati tahun ini cukup unik karena mangadakan pergelaran acara wayang yang didalangi oleh alumni magister Pendidikan Agama Islam FAI UMP,” jelas Dekan FAI UMP Dr Makhful MAg, Jum’at (25/2/2022).

Pagelaran Wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana UMP periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto.
Pagelaran Wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana UMP periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto. (IST)

Menurutnya, pelepasan wisudawan/wati pada tahun ini terasa sangat spesial dengan adanya pergelaran wayangan.

“Alumni magister S2 kita ada yang menjadi dalang. Kami berikan ruang dalam pelepasan itu acara wayangan sehingga acara bisa terselenggara cukup meriah dan cukup unik,” jelasnya.

Lebih lanjut ia, menyampaikan kegiatan budaya ini sejalan dengan Muhammadiyah yang tengah gencar melestarikan kebudayaan.

Pagelaran Wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana UMP periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto.
Pagelaran Wayang dalam pelepasan calon wisudawan/wati program magister dan sarjana UMP periode Februari 2022 di Hall The Garden Purwokerto. (IST)

“Muhammadiyah gencar melestarikan kebudayaan, termasuk juga ini. Daftar kultural kita adakan di kalangan Muhammadiyah yang tidak kalah pentingnya, bahwa wayang itu menjadi salah satu media dalam berdakwah,” ucapnya.

Dr Makhful juga berharap kepada para calon wisudawan/wati dapat mengamalkan ilmunya dan menjadi agen publikasi FAI UMP.

“Harapan kami mereka yang sudah di wisuda S2 dan S1 bisa mengamalkan ilmunya dimanapun dan bisa menjadi agen-agen publikasi bagi fakultas FAI UMP,” jelasnya.

Alumni magister Pendidikan Agama Islam UMP dalang pergelaran wayang Ki Imam Suyanto mengatakan, gelaran tersebut merupakan bentuk rasa terima kasih kepada para dosen.

“Persembahan wayangan ini adalah dari kami magister S2 Angkatan pertama di FAI ini yang tidak lain adalah sebagai rasa terima kasih kami pada semua dosen-dosen FAI UMP,” jelasnya.

Ia berharap FAI UMP bisa semakin sukses dan para alumninya bisa meningkatkan lagi ilmunya.

“Mudah-mudahan FAI semakin sukses dan kami bisa melaksanakan Amanah dari FAI untuk meningkatkan ilmunya. Mudah-mudahan FAI baik S1 maupun S2 akan semakin berkembang terutama dalam penerimaan mahasiswa baru,” tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved