Liputan Khusus

3 Titik Rawan Kecelakaan di Karanganyar, Cek Kendaraan Sebelum Berniat Wisata ke Rawangmangu

Di wilayah Kabupaten Karanganyar terdapat sejumlah titik yang harus menjadi perhatian bagi para pengguna jalan

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
Dokumentasi relawan
Proses evakuasi sepeda motor yang terperosok ke jurang di tikungan Kali Cabuk Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Di wilayah Kabupaten Karanganyar terdapat sejumlah titik yang harus menjadi perhatian bagi para pengguna jalan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Satlantas Polres Karanganyar, Jalan Raya Solo-Tawangmangu, Jalan Alternatif Matesih-Tawangmangu serta kawasan Tawangmangu menjadi titik atau jalur rawan kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko menyampaikan, jalur sisi barat dan timur Fly Over Palur menjadi salah satu titik yang mesti diwaspadai para pengguna jalan.

Pasalnya di sisi timur dan barat Fly Over tersebut para pengguna jalan kerap putar arah yang tak jarang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Titik Rawan Kecelakaan di Tegal, 2 Persimpangan Jadi Lokasi Puluhan Kecelakaan 2 Tahun Terakhir

Baca juga: 5 Titik Paling Rawan Kecelakaan di Semarang, Dijuluki Jalur Tengkorak, Setahun 146 Orang Tewas

"Kita harus tertib dan disiplin dalam berlalu lintas karena kecelakaan itu bermula dari adanya pelanggaran lalu lintas. Sekarang sudah dipasang pembatas permanen untuk mengantisipasi adanya kendaraan putar balik dari kedua sisi," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (8/3/2022).

Kemudian Jalan Raya Solo-Tawangmangu mulai dari simpang lima Bejen ke arah Karangpandan serta Tawangmangu juga menjadi titik rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pasalnya jalan tersebut cenderung lurus dengan jarak yang cukup jauh.

Para pengguna jalan diimbau supaya saling menghormati pengguna jalan lain mengingat dalam berkendara harus mengutamakan keselamatan.

"Situasi jalan, alhamdulillah bagus. Jalur utama (Solo-Tawangmangu), kan lurus, kewaspadaan dari pengguna jalan harus diperhatikan. Terkadang terlena memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, mendahului melanggar marka jalan," ucapnya.

Dia menuturkan, kawasan wisata seperti jalur Blumbang-Gondosuli Kecamatan Tawangmangu juga menjadi titik rawan laka. Tercatat ada dua kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara sepeda motor diduga karena rem blong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved