Breaking News:

Berita Karanganyar

30 Pengelola Desa Wisata di Karanganyar Ikuti Pelatihan

Sebanyak 30 pengelola desa wisata di wilayah Kabupaten Karanganyar mengikuti pelatihan.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Dok. Disparpora Karanganyar.
Pelatihan pengelola desa wisata yang digelar oleh Disparpora di wilayah Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 30 pengelola desa wisata di wilayah Kabupaten Karanganyar mengikuti pelatihan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) di wilayah Tawangmangu selama 3 hari terhitung mulai 22-24 Maret 2022.

Kabid Destinasi Wisata Disparpora Karanganyar, Teguh Hariono menyampaikan, pihaknya menghadirkan narasumber dari praktisi dan akademisi untuk berbagi ilmu dalam rangka pengembangan desa wisata kepada para peserta.

"Pelatihan diikuti 24 desa wisata yang telah mendapatkan SK Bupati dan 6 desa wisata rintisan. Mereka diajari bagaimana pengelolaan desa wisata secara profesional dan kelembagaannya," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (25/3/2022).

Selain itu, mereka juga dipertemukan dengan unsur legislatif sehingga dapat menyampaikan aspirasi terkait pengembangan desa wisata. Seperti akses jalan, pelatihan dan alokasi anggaran.

Selain mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah dalam pengembangan desa wisata, lanjutnya, sebenarnya pihak desa wisata juga dapat mendapatkan dana dari pihak ketiga seperti berupa CSR.

"Apakah memungkinkan dari APBD bisa dialokasikan ke desa wisata," ucapnya.

Dia berharap setelah adanya pelatihan ini para pengelola desa wisata memiliki wawasan lebih dalam mengelola desa wisata secara profesional. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved